Pemprov Papua Barat siap transfer beasiswa mahasiswanya di luar negeri

Barnabas Dowansiba, kepala dinas pendidikan Provinsi Papua Barat. (Jubi/Hans Arnold Kapisa)
Pemprov Papua Barat siap transfer beasiswa mahasiswanya di luar negeri 1 i Papua
Barnabas Dowansiba, kepala dinas pendidikan Provinsi Papua Barat. (Jubi/Hans Arnold Kapisa)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua Barat segera mentransfer anggaran beasiswa bagi mahasiswa yang kini menempuh pendidikan di luar negeri.

Kepala Dinas Pendidikan Papua Barat, Barnabas Dowansiba, mengatakan jumlah mahasiswa Papua Barat di luar negeri yang dibiayai pemerintah daerah saat ini lebih dari 100 orang. Mereka tersebar di beberapa negara seperti Jerman, Australia, dan Selandia Baru.

“Anggaran sudah siap, SPM-nya (surat perintah membayar) sudah ada di keuangan. Dalam pekan ini mudah-mudahan sudah bisa dikirim,” ujar Dowansiba, Kamis (15/4/2020).

Dikatakan, jumlah anggaran beasiswa bagi ratusan mahasiswa dari kalangan putra-putri asli Papua itu sebesar Rp 30 miliar lebih. Pengiriman akan dilakukan melalui Bank Nasional Indonesia (BNI) Cabang Manokwari ke rekening masing-masing mahasiswa.

Meski saat ini Pemprov Papua Barat sedang melakukan re-alokasi APBD untuk difokuskan pada penanganan serta dampak penyebaran Covid-19, namun Dowansiba memastikan, tak ada pengurangan nilai pada anggaran beasiswa tersebut.

Kata dia, nominalnya sesuai data yang tercantum dalam daftar program dan anggaran (DPA) Dinas Pendidikan Papua Barat, tahun 2020.

Loading...
;

“Tidak ada pemotongan karena ini berkaitan dengan dana kemanusiaan. Mereka berada di negara yang punya kasus Covid-19 cukup tinggi dan mereka tidak bisa pulang, sehingga mereka masuk dalam daftar masyarakat terdampak,” katanya menjelaskan.

Dowansiba bersyukur tidak ada mahasiswa Papua Barat di luar negeri yang terkonfirmasi positif corona. Mereka pun diimbau agar tetap menjaga kesehatan serta mengikuti instruksi pemerintah setempat.

“Sekarang ini tidak ada negara yang aman, termasuk Indonesia. Hampir seluruh negara di dunia saat ini sedang berperang melawan pandemi corona,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan hari ini telah memimpin aksi pembagian bahan makanan kepada ratusan warga terdampak covid-19 di Manokwari.

Penyaluran bahan makanan (bama) tersebut, disesuaikan dengan data warga kurang mampu pada Dinas Sosial Papua Barat, sehingga difokuskan pada enam gereja dan dua masjid di dalam kota Manokwari, untuk selanjutnya dibagi secara teknis ke masing-masing warga yang terdaftar. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top