HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pemprov Papua bentuk Satgas Corona

Ilustrasi, virus Corona - Jubi/Tirto.ID
Ilustrasi, virus Corona – Jubi/Tirto.ID

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi โ€“ Pemerintah Provinsi Papua sudah menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo untuk membentuk Satuan Tugas Cegah Corona bekerja mencegah masuknya virus Corona ke Papua. Saat ini Pemerintah Provinsi Papua tengah menunggu rincian kebutuhan sarana pendukung Satuan Tugas Cegah Corona itu.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Papua, Yohanes Walilo di Jayapura, Jumat (6/3/2020). “Pembentukan Satgas ini sesuai dengan instrukai Presiden lewat Menteri Dalam Negeri sehingga harus dilaksanakan,” kata Walilo.

Menurut Walilo, Pemerintah Provinsi Papua masih menunggu rincian sarana pendukung dan anggaran yang dibutuhkan Satuan Tugas Cegah Corona (Satgas Corona). Menurutnya, jika Satgas Corona akan melakukan sosialiasi pencegahan infeksi virus Corona, maka Satgas bisa menggunakan anggaran Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

Akan tetapi, jika Satgas Corona harus membangun ruang darurat guna menangani pasien yang terinfeksi virus Corona, maka biaya pembangunan itu menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Papua. ย “Anggaran itu ada, tapi kami tetap menunggu laporan setiap bidang [terkait] apa yang dibutuhkan. Kemudian [kami akan] melapor [kebutuhan itu] kepada pimpinan,” ujarnya.

Walilo menyatakan Satgas Corona bisa menggunakan anggaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua. Pencegahan wabah Corona juga bisa dilakukan dengan memakai anggaran tak terduga yang ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua 2020.

“Di BPBD kan dananya selalu ada. Di Badan Keuangan ada dana tak terduga. Kalau nanti jumlah yang dibutuhkan cukup, kami akan ambil dari situ saja. Penanganan awal penyebaran virus Corona memang harus dilakukan. Dari pada harus menunggu terjadi, baru dilakukan [penanganan], tentu itu sangat rumit dan membutuhkan biaya yang lebih besar,” kata Walilo.

Loading...
;

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen meminta tim Satgas Corona dan penyusunan rancangan Instruksi Gubernur terkait pencegahan virus Corona di Papua segera dirampungkan. “Saya kasih batas waktu besok sudah harus selesai, sehingga bisa segera diturunkan ke kabupaten/kota. Jangan berlarut-larut, ini harus kerja cepat serta tepat dalam melakukan tindakan preventif terhadap Covid-19,” kata Dosinaen pada Jumat. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa