HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pemprov Papua berharap pendataan BKKBN hasilkan data valid jumlah OAP

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen – Jubi/dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen berharap pendataan penduduk yang akan dilakukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN dapat membantu Pemerintah Provinsi Papua dalam mendapatkan data valid jumlah orang asli Papua atau OAP. Menurutnya, hingga kini pihaknya tidak memiliki data jumlah OAP.

“Sampai hari ini kami tidak punya data valid [jumlah] OAP. Dengan melibatkan BKKBN, kami dapat melakukan pemetaan setiap kepala keluarga di setiap distrik, kampung, dan kabupaten,” kata Hery Dosinaen di Jayapura, Kamis (21/11/2019).

Menurutnya, kondisi geografis menjadi salah satu hambatan dalam mendapat data OAP yang valid. “Kami harapkan ada data konkrit, walaupun tidak semuanya, tetapi ada matriks yang bisa menjadi refrensi pemerintah dalam pengambilan kebijakan lebih lanjut. Intinya, dengan adanya pemetaan yang dilakukan BKKBN dapat diketahui berapa jumlah penduduk berdasarkan pendidikan dan pekerjaan,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Pusat, Hasto Wardoyo mengatakan tahun depan pihaknya akan melakukan pendataan penduduk. “Melalui grand desain pembangunan kependudukan, kita bisa mengetahui jumlah kepala keluarga, jumlah penduduk OAP dan non OAP. Data pilah sangat penting untuk membuat pola pertumbuhan ke depan,” kata Hasto.

Ia menjelaskan, pendataan kependudukan yang akan dilakukan tahun depan bukan pendataan secara elektronik yang direkam secara otomatis. Tetapi, akan dilakukan pemetaan untuk mengetahui jumlah kepala keluarga pada suatu kampung atau kabupaten. “Nantinya data ini menjadi milik bersama, milik lokal dan Papua,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;
Baca juga  Daerah di Papua diharapkan bisa meraih Adipura

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa