Follow our news chanel

Pemprov Papua dukung kebijakan Noken gantikan kantong plastik

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyatakan dukungan atas kebijakan Pemerintah Kota Jayapura mengganti kantong plastik dengan tas noken di setiap pusat-pusat perbelanjaan.

Asisten Bidang Umum Papua Elysa Auri, mengatakan kebijakan pemerintah kota perlu diapresiasi dan didukung oleh seluruh masyarakat, karena memiliki tujuan positif.

"Kami apresiasi kebijakan itu, karena ini untuk mengurangi sampah plastik dan merupakan upaya bagaimana kita menertibkan kebersihan lingkungan Kota Jayapura," kata Auri, di Jayapura kemarin.

Ia tekankan, selama kebijakan yang memberikan dampak baik tentu akan mendapat dukungan. Meskipun demikian, dirinya tetap mengimbau kepada masyarakat untuk memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan dari dalam diri sendiri, tanpa harus menunggu ada aturan atau teguran.

"Kebersihan harus dimulai dibiasakan mulai dari lingkungan rumah masing-masing, baru diterapkan ke wilayah yang lebih luas. Jangan lakukan sesuatu karena takut atau karena ada aturan, harus ada kesadaran dalam diri kita masing-masing," ujarnya.

"Tapi intinya Pemprov tetap apresiasi langkah-langkah pemerintah kota terhadap sampah plastik," sambungnya.

Loading...
;

Secara terpisah, Marselina, warga Keluharan Ardipura, Kota Jayapura mengatakan kebijakan penggunaan Noken sebagai pengganti kantong plastik harus konsisten. Artinya, jangan bersifat sementara, tapi harus dilakukan terus-menerus.

"Mungkin yang harus dilakukan adalah imbauan kepada setiap pusat-pusat pemberlanjaan agar tidak lagi menyediakan kantong plastik, dengan begitu setiap konsumen akan membawa tas sendiri untuk mengisi setiap barang yang dibeli," kata Lina panggilan akrabnya.

Hal senada disampaikan Ruth, warga Kelurahan Bhayangkara, Kota Jayapura. Dirinya mengatakan gagasan Wali Kota Benhur Tommy Mano untuk menggantikan kantong plastik dengan Noken sangat tepat, mengingat sampah plastik sudah terlalu banyak ditemui di daerah ini.

Di samping itu, kebijakan ini bisa membiasakan warga Kota Jayapura untuk menggunakan Noken, dengan begitu tingkat kesejahteraan pengrajin Noken bisa meningkat.

"Kebijakan ini harus diterapkan dengan konsisten agar tidak hilang di kemudian hari," kata Ruth. (*)

 

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top