Follow our news chanel

Pemprov Papua jangan abaikan kesenian kultur

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi – Legislator Papua dari 14 kursi pengangkatan di DPR Papua, John NR Gobai mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua tak mengabaikan kesenian kultur masyarakat adat Papua.

Ia menilai, selama ini pemprov terkesan hanya peduli pada pagelaran kesenian bernuansa agama dan mengesampingkan kesenian kultur yang terus berusaha dilestarikan masyarakat adat.

"Jika seni dan budaya kultur itu tak mendapat perhatian serius, saya khawatir perlahan akan hilang terkikis perkembangan zaman," kata Gobai kepada Jubi, Sabtu (13/10/2018).

Menurutnya, sejak beberapa waktu lalu ia telah menyuarakan agar pemerintah memanfaatkan kembali Taman Budaya Expo di Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura. Namun hingga kini belum ada langkah yang diambil pemerintah.

Padahal katanya, kalau taman budaya itu dihidupkan kembali seperti beberapa puluh tahun lalu, dapat menjadi tempat para seniman dan budayawan Papua berkreasi menampilkan seni budaya asli Papua.

Seni dan budaya asli Papua lanjutnya, memiliki daya tarik tersendiri untuk orang dari luar Papua, saat datang ke Papua. Apalagi saat Papua menjadi tuan rumah PON XX, 2020 mendatang, pagelaran seni dan budaya asli Papua akan menjadi salah satu hiburan orang dari luar yang datang ke Papua.

Loading...
;

"Makanya pemerintah perlu memikirkan bagaimana agar seni budaya asli Papua itu dapat terus eksis, karena meski kini banyak sanggar seni, namun belum mendapat perhatian serius pemerintah," ujarnya.

Sekretaris Dewan Kesenian Tanah Papua, Septinus Rumaseb beberapa waktu lalu juga menyatakan keprihatinannya dengan kondisi Taman Budaya du Expo Waena, lokasi yang pernah dijadikan tempat para seniman mengekspresikan diri itu harus dirawat.

“Jika bicara seni dan budaya, tak lepas dari para seniman dan tempat mereka berekspresi,” kata Septinus Rumaseb belum lama ini.

Menurutnya, para seniman di Papua selama ini tidak tinggal diam. Mereka terus melakukan berbagai cara agar seni dan budaya mendapat “tempat terhormat” dalam kebijakan pemerintah.

“Ini sudah lama didorong ke Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kebudayaan. Namun hingga kini tak ada realisasinya," ujarnya.

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top