Follow our news chanel

Previous
Next

Pemprov Papua masih menunggu hasil seleksi 3 calon Sekda Papua

Kantor Gubernur Papua
Kantor Gubernur Papua - Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua hingga Rabu (26/8/2020) masih menunggu hasil seleksi tiga calon Sekretaris Daerah Provinsi Papua. Pemerintah Provinsi Papua telah bersurat kepada Tim Penilai Akhir atau TPA, untuk mengetahui hasil penilaian TPA atas ketiga calon Sekretaris Daerah Provinsi Papua tersebut.

Hal itu dinyatakan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Ridwan Rumasukun saat dihubungi Jubi melalui panggilan telepon di Kota Jayapura, Papua, Rabu.  “Kita sudah berusaha dan menyurat, tapi soal hasil seleksi Sekda masih ada di Tim Penilai Akhir yang diketuai Presiden Jokowi. Semoga dalam waktu dekat sudah ada hasil dan surat keputusan atau SK,” kata Rumasukun.

Ia menegaskan, kewenangan untuk menetapkan dan mengeluarkan surat keputusan pengangkatan Sekda Provinsi ada di Presiden selaku ketua TPA. Menurut Rumasukun, Panitia Seleksi maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua tidak memiliki wewenang untuk itu.

Baca juga: Tiga nama calon Sekda Papua segera diserahkan ke Presiden

“Kalau SK sudah keluar, pasti kami segera siapkan waktu pelantikannya. Kita berdoa saja agar semua bisa segera selesai, sehingga Pemprov Papua bisa memiliki Sekda definitif,” ujarnya.

Pada Juli lalu, Gubernur Papua Lukas Enembe telah menyerahkan berkas tiga nama calon Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah (Sekda) Papua kepada Menteri Dalam Negeri, untuk diteruskan kepada TPA. Ketiga calon Sekda Papua yang diusulkan kepada TPA itu adalah Doren Wakerkwa, Wasuok Demianus Siep, dan Dance Yulian Flassy.

Baca juga: Papua butuh pejabat sekda yang luar biasa

Loading...
;

“Nanti dari tiga nama, Tim TPA hanya memilih satu orang. Apa yang diputuskan Presiden, itu yang kami akan akui sebagai Sekda Papua,” kata Enembe di Jakarta, Senin (13/7/2020).

Enembe menekankan, Pemprov Papua harus segera memiliki Sekda definitif untuk merumuskan dan menjalankan berbagai kebijakan strategis Pemprov Papua. Selain menghadapi agenda Pilkada Serentak 2020 yang akan digelar di 11 kabupaten di Papua, kebijakan strategis juga dibutuhkan dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Dengan adanya Sekda definitif, saya yakin akan ada keputuaan-keputusan terbaik, apalagi dengan kondisi saya saat ini. Untuk itu, saya berterima kasih kepada penjabat Sekda yang sudah persiapkan semua ini dengan baik dalam waktu singkat,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top