Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pemprov Papua nilai program PRK menguntungkan

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua menilai program Papua Rendah Emisi (PRK) sangat menguntungkan dari sudut finansial, namun program ini juga menimbulkan tantangan baru, sebab Papua harus konsisten untuk menjaga keberlangsungan hutan lindung.

Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri mengatakan program PRK menjadi aset jangka panjang yang mendatangkan keuntungan finansial dari segi pendanaan melalui perlindungan hutan lindung termasuk di dalamnya lahan gambut.

Pemprov Papua nilai program PRK menguntungkan 1 i Papua

"Pemprov juga telah mengakomodir luasan lahan gambut dengan luas berkisar kurang lebih delapan juta hektare yang ada kedalam 60 persen kawasan lindung tersebut dan menjadikannya sebagai kawasan strategis provinsi melalui pengembangan wilayah rendah karbon," kata Auri kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Untuk itu, ujar Auri, pihaknya sangat membutuhkan perhatian semua pihak dan menuntut pemecahan yang serius melalui pendekatan pelestarian alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan, dengan melalui pendekatan sosial dengan menghormati hak dasar masyarakat asli Papua serta berlandaskan pada aturan dan perundangan yang berlaku.

Tujuan penataan ruang adalah untuk mewujudkan ruang wilayah yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan berlandaskan wawasan nusantara dan ketahanan nasional dengan tujuan, terwujudnya keharmonisan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua Muhammad Musa'ad, mengatakan guna mewujudkan tujuan penataan ruang tersebut, negara memberikan kewenangan penyelenggaraan penataan ruang kepada pemerintah dan pemerintah daerah.

Loading...
;

Penyelenggaraan penataan ruang dilakukan dengan tetap menghormati hak yang dimiliki orang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Wewenang penyelenggaraan penataan ruang meliputi pengaturan, pembinaan dan pengawasan pelaksanaan penataan ruang, serta pelaksanaan penataan ruang.

"Ini sangat penting dan harus dipahami, integrasi penyelenggaraan penataan ruang dengan pertanahan, membuat kita harus memahami fungsi dan kewenangan dari penyelenggaraan penataan ruang dan pertanahan sehingga kita melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing yang diharapkan dapat bersinergi untuk penyelanggaraan penataan ruang di daerah," tambahnya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top