Follow our news chanel

Pemprov Papua nyatakan aksi TPN-PB di Mimika tak ada hubungannya dengan PON XX

Pemprov Papua nyatakan aksi TPN-PB di Mimika tak ada hubungannya dengan PON XX 1 i Papua
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua menyatakan aksi teror yang dilakukan tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN PB) -dalam istilah versi TNI /Polri disebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) – di Kabupaten Mimika, tidak ada hubungannya dengan perhelatan Pekan Olahraga Nasional XX 2020, yang akan berlangsung di Bumi Cenderawasih Oktober mendatang.

Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, mengatakan Mimika merupakan salah satu cluster yang akan menggelar pertandingan cabang olahraga futsal, basket, atletik, panjat tebing, bola tangan, dan biliard. Bahkan, venue yang ada sudah sangat siap.

“Ketika aksi dihubungkan dengan PON, saya kira itu sangat kecil korelasinya, tetapi ini tugas dan tanggung jawab Pemda, TNI-Polri serta semua masyarakat agar menjaga kondisi kemanan di Papua tetap terkendali,” kata Hery Dosinaen di Jayapura, Kamis (12/3/2020).

Untuk menanganinya , ujar ia, pihak TNI dan Polri sudah menurunkan tim untuk mengamankan 1.500 lebih masyarakat yang mengungsi.

“Panglima dan Kapolda secara intensif sudah turun ke lapangan dan Pemerintah kabupaten berkewajiban untuk melihat dan mengakomodir masyarakat yang mengungsi,” ujarnya.

Untuk menjaga kondisi keamanan di Papua, Sekda Hery Dosianen atas nama Gubernur mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat mengendailikan diri. Tidak terpengaruh oleh oknum-oknum tertentu yang sengaja melakukan provokator.

Loading...
;

“Teror ini jelas dilakukan oleh kelompok yang tidak bertanggungjawab,” katanya.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan aksi teror yang belakangan ini muncul di beberapa daerah, salah satunya Mimika, berindikasi untuk menggagalkan PON XX.

“Jika indikasi itu benar, kami tidak akan tinggal diam dengan melakukan tindakan pencegahan hingga pelaksanaan PON tetap berlangsung sesuai rencana,” kata Waterpauw. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top