TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Pemprov Papua siapkan rencana aksi antisipasi cuaca ekstrim

Pemprov Papua siapkan rencana aksi antisipasi cuaca ekstrim 1 i Papua
Ilustrasi banjir – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi atau Pemprov Papua sementara menyiapkan rencana aksi guna mengantisipasi cuaca ekstrim atau bencana yang diperkirakan akan terjadi hingga Februari 2020.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Papua, Muhammad Musa’ad, mengatakan penyiapan rencana aksi harus segera diselesaikan agar antisipasi bisa segera dilakukan jika terjadi musibah atau bencana akibat cuaca ekstrim.

“Penyiapan rencana aksi ini merupakan suatu kewajiban sehingga harus segera diselesaikan sesuai dengan instruksi presiden. Untuk hal ini, kami juga akan mengkoordinasikan dengan instansi terkait,” kata Musa’ad, di Jayapura, Senin (1/6/2020).

Selain menyiapkan dan menyelesaikan rencana aksi, ujar ia, pihaknya juga harus menyediakan anggaran khusus untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan jika terjadi bencana di Papua.

“Pemprov akan mengkoordinasikan dengan bupati dan wali kota untuk mempersiapkan segala sesuatu terkait rencana aksi tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Jayapura menyatakan Kota Jayapura telah memasuki musim penghujan. Warga Kota Jayapura diimbau untuk mewaspadai risiko bencana banjir dan tanah longsor.

Kepala BPBD Kota Jayapura, Bernard  J. Lamia, menyatakan terdapat 11 titik rawan banjir di Kota Jayapura. Titik rawan banjir itu termasuk Perumnas 3, Perumnas 4, Organda Padang Bulan, depan supermarket Saga Abepura, Tanah Hitam Kamkey, kawasan Kantor Dinas Otonom Papua di Kotaraja, serta kawasan PTC Entrop.

“Meskipun menurut BMKG memperkirakan curah hujan tinggi baru akan terjadi pada Januari 2020, tidak tertutup kemungkinan hujan lebat akan terjadi pada Desember. Kami minta masyarakat waspada,” kata Lamia. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending


Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us