Follow our news chanel

Pemprov Papua sudah usulkan Wabup Keerom ke Kemendagri

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi –  Asisten I Setda Papua, Doren Wakerkwa, minta Bupati Keerom segera didampingi wakil bupati sehingga ruh pemerintahan akan nampak dalam penyelenggaraan pemerintah di Keerom.

“Jika bupati memimpin selama satu tahun tidak bisa tetapi harus ada pendamping yang ada untuk memimpin satu daerah. Oleh karena itu Wakil Bupati Keerom harus segera dilantik,” kata Wakerkwa, di Jayapura, Selasa (22/1/2019).

Dia berharap partai-partai yang mengusung dalam pemilihan bupati lalu mengusulkan nama calon wakil bupati yang akan mendampingi Bupati Keerom, Muhammad Markum.

“Partai Golkar sudah mengusulkan tetapi PKS sampai saat ini belum,” katanya.

Wakerkwa juga minta DPRD Kabupaten Keerom bisa membuka peluang kepada PKS untuk mengusulkan calon, dan selanjutkan digelar rapat paripurna DPRD.

Ditambahkan, calon yang sudah diusulkan ke pusat untuk menetapkan tetapi jika ada masalah akan dikembalikan lagi ke DPRD kabupaten dan partai pengusung untuk dilakukan pengusulan ulang untuk diajukan kembali ke Kemedagri untuk dilanjutakn dengan penetapan SK.

Loading...
;

Wakerkwa berharap dua partai pengusung, Golkar dan PKS, bisa bersatu dan mengusung satu orang untuk mendampingi Bupati Markum di sisa masa jabatan.  

“Jika surat dari Kemendagri turun untuk dilanjutkan dengan paripurna ulang maka itu sangat akan rumit,” kata Wakerkwa.

Nama yang diusulkan DPRD kabupaten kepada Pemerintah Provinsi Papua masih menunggu SK dari Kemendagri.

Sementaraitu, Sekretaris LPRI Kota Jayapura, Albert E.S. Abrauw, saat pertemuan kedua pihak mengatakan masyarakat Keerom melakukan demo damai di halaman Kantor Bupati Keerom, Senin (21/1/2019). 

Massa menuntut Bupati, Sekda, dan Ketua DPRD Keerom menemui demonstran untuk menjelaskan sejauhmana proses dan kepastian pelantikan wabup setempat. 

"Namun ketiga pihak itu tak berada di tempat. Asisten II yang mewakili untuk bertemu tapi massa menolak. Massa berharap bupati, sekda, dan ketua DPRD segera merealisasikan pelantikan Wabup Keerom, seperti tuntutan masyarakat," kata Albert E.S. Abrauw. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top