Pemprov Papua tegaskan ingin 10 persen saham Freeport

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Pemerintahan Papua meminta 10 persen saham divestasi tembaga dan emas PT Freeport Indonesia (PTFI) jika perusahaan Amerika Serikat ini bersedia mematuhi persyaratan menjual 51 persen sahamnya kepada entitas nasional.

Gubernur Papua Lukas Enembe, usai bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Rabu (22/3/2017) memastikan posisi Provinsi Papua tersebut.

“Ini adalah negara kami dan kami harus mempertahankan kedaulatan. Inilah sebabnya mengapa 51 persen sahamnya harus diinvestasikan kepada Indonesia dan kami [di Papua] ingin 10 persen," kata Gubernur Lukas.

Menurutnya, Presiden sepenuhnya setuju dengan sikap Pemerintah Provinsi Papua ini dan Papua dan Jakarta berjuang untuk hal yang sama.

Selain soal Freeport, Gubernur Lukas mengaku telah melaporkan secara langsung perkembangan pembangunan di Provinsi Papua kepada Presiden Joko Widodo.

"Kami telah melaporkan kepada Presiden Jokowi perihal perkembangan terakhir di Papua, banyak hal yang disampaikan dan laporannya direspon secara baik," kata Gubernur Lukas.

Loading...
;

Hal penting yang dilaporkan antara lain persiapan menjadi tuan rumah PON XX tahun 2020, peresmian beberapa proyek-proyek pemerintah di Papua, perkembangan PT Freeport dan pelaksanaan Pilkada serentak 15 Februari 2017.

"Kami sampaikan dengan jelas dan detail kepada Presiden berkaitan dengan persiapan pelaksanaan PON XX, apa yang kini sedang disiapkan dan kendala-kendala apa yang dihadapi," ujarnya.

Demikian pula tentang proyek-proyek di Papua yang telah selesai dan siap diresmikan oleh Presiden seperti Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI-PNG di Skouw Wutung, Pasar Mama-Mama dan gedung negara. (*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top