Follow our news chanel

Pemutusan kerja sama RS Semen Padang dengan BPJS disayangkan

BPJS Kesehatan Papua
Ilustrasi kantor BPJS Kesehatan - Jubi/Istimewa.
Pemutusan kerja sama RS Semen Padang dengan BPJS disayangkan 1 i Papua
Ilustrasi kantor BPJS Kesehatan – Jubi/Istimewa.

Menyebabkan masyarakat kehilangan salah satu fasilitas kesehatan yang menjadi rujukan

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Padang, Jubi– Ombudsman perwakilan Sumatera Barat menyayangkan pemutusan hubungan kerja sama antara Semen Padang Hospital (SPH) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Kondisi itu menyebabkan masyarakat kehilangan salah satu fasilitas kesehatan yang menjadi rujukan.

“Sayang sekali mereka gagal capai kesepakatan untuk melanjutkan kerja sama,” kata Pelaksana Tugas Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat, Adel Wahidi, Selasa, (28/5/2019).

Berita terkait : Selama lebaran, BPJS tetap buka layanan kesehatan

BPJS Kesehatan jamin layanan peserta JKN-KIS selama libur lebaran

Dinsos Papua perjuangkan 5 ribu OAP terdaftar BPJS Kesehatan

Loading...
;

Ombudsman menenggarai keanehan keputusan itu, apa lagi saat banyak rumah sakit ingin bekerja sama dengan BPJS Kesehatan karena akan terbantu secara operasional. “Tapi Semen Padang Hospital malah gagal mencapai kesepakatan. Ini akan menyulitkan masyarakat, pemutusan kerja sama akan berdampak pada layanan pasien,” kata Adel menambahkan.

Menurut Adel, kedua pihak belum mengumumkan sampai kapan pemutusan kerja sama, serta apa penyebab pemutusan kerja sama itu. Meski diakui biasanya pemutusan kerja sama disebabkan oleh akreditasi rumah sakit, tidak memenuhi syarat, atau wanprestasi.

Ia berharap dua pihak mempertimbangkan lagi pemutusan itu, rumah sakit milik PT Semen Padang harus terdepan dalam pelayanan, apalagi terhadap pasien BPJS yang di dalamnya terdapat golongan tidak mampu.

Ombudsman perwakilan Sumatera Barat akan terus mencermati persoalan itu, tidak tertutup kemungkinan akan mempertemukan kedua pihak. “Kami akan fasilitasi dua pihak guna mengetahui dan mencari akar masalahnya,” katanya.

Baca juga : Kepesertaan bagi pekerja sektor informal di BPJS Ketenagakerjaan minim

Lima ahli waris petugas kebersihan terima santunan BPJS Ketenagakerjaan

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Asyraf Mursalina menyatakan Rumah Sakit Semen Padang atau Semen Padang Hospital tidak lagi melayani pasien Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat mulai 1 Juni 2019. “Seiring tidak berlanjutnya kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan,” kata Mursalina.

Perjanjian kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan Semen Padang Hospital berakhir pada 31 Mei 2019 sehingga tidak lagi melayani pasien Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat.

Menurut Mursalina, alasan tidak dilanjutkannya kerja sama karena tidak ada kata sepakat dari kedua belah pihak untuk melanjutkan perjanjian. “Saya tegaskan ini bukan karena kasus hukum atau adanya dugaan fraud, murni semata tidak ada titik temu kedua belah pihak,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top