Follow our news chanel

Penambahan depo, solusi masalah BBM di Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Anggota Komisi II DPR Papua yang membidangi ekonomi, kelautan, pertanian, dan perkebunan, John NR Gobai, mengatakan salah satu solusi menekan harga dan memenuhi ketersedian bahan bakar minyak (BBM) di wilayah pedalaman Papua, dengan menambah depo (penampungan) BBM dan membangun pelabuhan Pertamina yang memungkinkan kapal pengangkut BBM masuk ke wilayah pesisir.

"Misalnya ke Kabupaten Asmat, Waropen, dan Mimika, serta perlu subsidi untuk pesawat pengangkut BBM ke wilayah pegunungan Papua. Ini hasil temuan kami di lapangan, kami harap Pertaminan dapat memperhatikan itu," kata Gobai, Senin (15/10/2018).

Menurutnya, kondisi geografis wilayah Papua salah satu masalah dalam distribusi BBM selama ini, misalnya kabupaten di pegunungan dan daerah pesisir yang berada di rawa atau sungai semisal Kabupaten Asmat, Mimika, dan Waropen.

"Masalah BBM di beberapa wilayah Papua yang sulit dijangkau, perlu penanganan khusus dan serius. Masalah BBM di Papua bukan hanya harga tetapi ketersediaannya," ucap Gobai. 

Katanya, di Papua tidak hanya sekadar bicara satu harga, tapi  pemerataan ketersediaan BBM di semua daerah, karena hingga kini berbagai kendala masih menghambat penerapan BBM satu harga di Papua. 

"Ketersediaan BBM di daerah daerah pesisir yang jauh dan wilayah pegunungan yang aksesnya sulit, masyarakatnya masih mengeluh dengan ketersediaan BBM," ujarnya.

Loading...
;

Salah satu kabupaten di pegunungan tengah Papua yang sering kehabisan stok BBM adalah Yahukimo. Untuk itu, pemerintah kabupaten setempat berencana menambah stasiun pengisian bahan umum (SPBU).

Kepala Dinas Pedagangan dan Koperasi Kabupaten Yahukimo, Calvin Bilin, belum lama ini mengatakan kebutuhan BBM di Yahukimo dilayani oleh Agen Penyalur Minyak dan Solar (APMS) milik PT Kalukumas dari Timika, Kabupaten Mimika.

"Tapi stoknya selalu habis sehingga banyak masyarakat mengeluh," kata Bilin. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top