Follow our news chanel

Previous
Next

Penambahan kasus mingguan Covid-19 di Papua naik lagi

Infografis Covid Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 22 Agustus 2020. – Jubi/Tim Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sepanjang pekan ke-34 penanganan pandemi Covid-19 di Papua, Satuan Tugas Covid-19 Papua melaporkan 197 kasus baru. Jumlah kasus baru itu lebih tinggi dibandingkan jumlah kasus baru sepekan sebelumnya, yang mencapai 160 kasus baru. Hingga Sabtu (22/8/2020), total kasus positif korona di Papua mencapai 3.508 kasus.

Pada pekan ke-34, juga terjadi penambahan jumlah pasien Covid-19 yang signifikan. Akumulasi jumlah pasien Covid-19 yang sembuh telah mencapai 2.474 pasien, setara 71 persen dari total kasus. Akan tetapi, hingga pekan ini masih ada 992 pasien yang dirawat, atau setara 28 persen dari total kasus.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) menjelaskan tingginya angka kesembuhan sepanjang bulan Agustus tidak lepas dari adanya protokol baru yang dikeluarkan oleh Menteri Kesehatan RI. Protokol itu menyatakan setiap pasien positif yang tidak mengalami gejala sakit Covid-19 akan dinyatakan sembuh setelah menjalani karantina selama 10 hari.

“Kami meminta dokter untuk benar benar memastikan kondisi riil pasien, sebelum diputuskan untuk dipulangkan [karena dianggap sembuh]. Jaga ragu-ragu. Jika dari sisi klinis ada keraguan, [lakukan] pemeriksaan swab sebagai golden gold pemeriksaan,” kata Soemoele di Jayapura Sabtu.

Baca juga: 42 guru meninggal akibat Covid-19

Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Papua mengapresiasi kabupaten yang pada pekan ini tidak menemukan kasus baru. Kabupaten itu adalah Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Supiori, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Waropen, dan Kabupaten Puncak Jaya.

Soemole mengingatkan tim gugus tugas di kabupaten itu untuk tetap mempertahankan kinerja penanganan Covid-19. Setiap tim gugus tugas diharapkan terus melakukan pelacakan riwayat kontak, (tracing), memantau perkembangan pandemi, dan menerapkan protokol kesehatan.

Loading...
;

Sejumlah kabupaten yang masih memiliki kasus baru-seperti Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Yalimo, dan Kabupaten Nabire-diminta mempertahankan atau meningkatkan kemampuannya melakukan pelacakan riwayat kontak, melakukan tes terhadap terduga Covid-19, dan merawat setiap pasien terkait Covid-19.

Apresiasi khusus diberikan kepada gugus tugas Kabupaten Merauke yang terus bekerja keras merawat 28 pasien Covid-19 di sana. “Upaya-upaya besar yang telah dikerjakan untuk menemukan kasus  sedini mungkin, dan kemudian melakukan isolasi dengan menggerakkan semua stakeholder. Mulai dari KKP, Dinas Kesehatan, termasuk rumah sakit, dan terutama Puskesmas,” kata Soemoele.

Pada Sabtu, terjadi penambahan 52 kasus baru positif virus korona. Kasus baru itu berasal dari Kota Jayapura (29 kasus), Kab jayapura (11 kasus), Kabupaten Mimika (9 kasus), Kabupaten Merauke (1 kasus), dan Kabupaten Nabire (2 kasus).

Sejumlah 197 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh pada Sabtu. Mereka berasal dari Kabupaten Jayapura  (2 orang), Kabupaten Mimika (4 orang), Kabupaten Mamberamo Tengah  (1 orang), Kabupaten Jayawijaya (2 orang), dan Kota Jayapura (188 orang).(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top