Follow our news chanel

Penangguhan partai oposisi utama Fiji diangkat

Sitiveni Rabuka. - RNZI / Koroi Hawkins

| Papua No.1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Panitera Partai-partai Politik Fiji telah menghentikan penangguhan partai oposisi utama negara itu.

Satu bulan yang lalu Mohammed Saneem menskors parpol Social Democratic Liberal Party atau SODELPA karena melanggar peraturan politik dan konstitusi Fiji, meninggalkan hanya tiga orang anggota parlemen (MP) di blok oposisi negara itu sementara 21 MP anggota SODELPA diskors.

Senin (29/6/2020) sore, Saneem memutuskan bahwa partai tesebut telah mematuhi perintahnya dan meluruskan pelanggaran yang menyebabkan penangguhannya.

Saneem juga telah menyetujui penunjukan Emele Duituturaga sebagai Sekretaris Jenderal SODELPA yang baru.

Saneem menambahkan bahwa ia akan menginformasikan Sekretariat Parlemen tentang keputusannya, seraya menegaskan SODELPA sekarang dapat kembali menjalankan fungsinya sebagai partai politik.

Dalam sebuah pernyataan, dewan manajemen SODELPA menyatakan terima kasih karena telah mengangkat penangguhan itu.

Loading...
;

“Penangguhan itu telah mengajarkan kita banyak pelajaran berharga, yang pertama dan terpenting adalah bahwa kita harus selalu mengutamakan kepentingan warga kita,” menurut pernyataan itu. “Karena suara mereka yang kita wakili di parlemen.”

Masih ada perpecahan dalam SODELPA

Sebelumnya, sebuah kelompok yang menentang penunjukan Duituturaga juga memboikot pertemuan dewan itu, Sabtu lalu (27/6/2020), di Suva.

Kelompok itu, yang dipimpin oleh mantan pemimpin partai, Sitiveni Rabuka, telah berusaha keras agar Adi Litia Qionibaravi ditunjuk sebagai Sekjen SODELPA, tetapi langkah itu ditolak oleh mayoritas anggota partai yang hadir.

Hal ini telah memperburuk perpecahan di dalam partai itu, dimana ada satu faksi yang mengancam akan memisahkan diri dan membentuk partai baru. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top