Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Penanggulangan bencana perlu mendapat perhatian

Lokasi longsor yang berdekatan dengan kantor Wali Kota Jayapura, beberapa waktu lalu. - Jubi/Ramah
Penanggulangan bencana perlu mendapat perhatian 1 i Papua
Lokasi longsor yang berdekatan dengan kantor Wali Kota Jayapura, beberapa waktu lalu. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Bernard J. Lamia mengatakan sosialisasi pencegahan bencana sangat penting agar meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan materil.

Kesiapan masyarakat apabila hal itu terjadi sebenarnya dimulai dari pencegahan seperti ancaman bencana gempa, banjir dan longsor. Sosialisasi pencegahan bencana sangat efektif agar masyarakat melakukan tindakan komprehensif untuk merespons bencana alam.

“Penanggulangan bencana perlu mendapat perhatian lebih, sehingga penanganan dan pemulihan setelah bencana dapat berjalan dengan mudah, tapi juga ditunjang dengan ketersediaan dana. Dana kami tahun ini hanya Rp 8 miliar,” kata Bernard di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (15/11/19).

Bernard menjelaskan, ada tiga hal yang perlu dilakukan dalam penanggulangan bencana alam, yaitu masyarakat mendapatkan informasi, pemrosesan informasi, termasuk sosialisasi.

“Dengan penanggulangan bencana alam yang baik dan tepat maka korban bisa semakin diminimalisir atau bahkan tidak ada korban jiwa,” jelas Bernard.

Bernard menambahkan, peningkatan kesadaran pemangku kepentingan, BUMN dan BUMD untuk memberikan pengetahuan dalam menanggulangi bencana alam dan manajemen risiko bencana alam sangat penting.

Loading...
;

Kepala sekolah SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga mengatakan salah satu pendidikan di luar kelas adalah memberikan edukasi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana.

“Dengan begitu memberikan kesadaran dan kewaspadaan terhadap bahaya bencana,” ujar Purnama.

Tak hanya berikan edukasi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana, kata Purnama, peserta didiknya juga diajarkan cara menangani korban yang terkena area runtuhan bangunan akibat gempa.

“Pendidikan kebencanaan yang dilakukan adalah bagian dari proses belajar mengajar yang dilakukan di luar kelas, yang dinilai merupakan keharusan karena SMP Negeri 1 Jayapura merupakan sekolah ramah anak,” ujar Purnama. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top