Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Penataan drainase sama pentingnya dengan penghijauan Cycloop

Banjir akibat luapan air Danau Sentani pada tahun lalu – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Ketua Forum Kota Sentani Deniks Felle mendesak pemerintah setempat memperbaiki penataaan air di lingkungan perkotaan. Drainase yang buruk mengakibatkan sejumlah jalan di Sentani selalu tergenang saat musim penghujan.

“Kondisi ini sudah berlangsung sepuluh tahun. Itu sejak Kawasan Cagar Alam Cycloop tidak lagi rimbun (gundul) akibat penebangan dan pembukaan lahan,” kata Felle, saat dihubungi Jubi, Kamis (13/2/2020).

Dia mengatakan untuk mengatasi banjir, pemerintah seharusnya tidak hanya terfokus pada upaya penghijauan di Kawasan Cagar Alam Cycloop. Kanalisasi atau perbaikan terhadap drainase juga perlu mendapat perhatian yang sama.

“Drainase di sepanjang jalan utama sudah ada. Hanya saja, tidak diketahui muaranya di mana,” ujarnya.

Felle menyebut ada puluhan bahkan ratusan meter drainase yang tidak jelas alur keluar atau muara pembuangannya. Akibatnya, air bersama sampah meluap hingga ke jalan raya saat hujan deras mengguyur Sentani. Luapan air juga merambah permukiman warga.

“Hujan turun tidak sampai satu jam, tetapi seluruh jalan di kota ini terendam (tergenang). Apalagi, jika (hujan deras) sampai berhari-hari, sudah pasti Danau Sentani juga ikut meluap,” jelasnya.

Loading...
;

Felle berharap pemerintah setempat serius dalam menangani permasalahan tersebut, mengingat pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2020 semakin dekat. “Masak kita harus terima (menyambut) tamu dengan kondisi kota yang tergenang oleh air, penuh sampah, dan berdebu.”

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Jayapura Alpius Toam berjanji segera menata drainase di Sentani. Pekerjaan itu dilakukan setelah pembangunan jalan lingkungan dan jalan penghubung rampung.

“Setelah pembangunan jalan selesai, kami akan memfokuskan kepada pembangunan kanal. Setiap kanal akan saling berhubungan dan bertemu pada satu muara pembuangan sehingga jalan tetap aman (tidak tergenang) ketika hujan turun (deras),” kata Toam, beberapa waktu lalu. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top