Pencuri solar sel dibekuk warga, Bupati Abock beri hadiah Rp 10 juta

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Yahukimo, Jubi –Bupati Yahukimo Abock Busup memberikan hadiah sebesar Rp 10 juta kepada warga yang berhasil menangkap maling (pencuri) solar sel. Penangkapan maling  itu dilakukan warga atas permintaan Bupati, karena selama ini marak terjadi pencurian solar sel di seluruh ruas jalan di kota Dekai, Kabupaten Yahukimo.

“Setelah saya melihat sendiri dan ada juga dapat laporan bahwa ada pencurian solar sel dan aki sehingga saya imbau warga  untuk menangkap pelaku, sehingga warga sudah tangkap satu orang pelaku. Dan sesuai janji saya beri hadiah Rp 10 Juta kepada tiga orang yang menangkap maling,” kata Bupati kepada jubi pada Selasa (27/2/2018) di Dekai.

Bupati mengatakan, pemberian bonus atau hadiah berupa uang ini, pernah disayembarkan dan  disampaikan saat apel pagi minggu lalu, tepatnya tanggal 19 Februari 2018. Sehingga lewat sayembara itu, warga termotivasi melakukan penangkapan dan memburu maling yang meresahkan tersebut.

“Lampu jalan merupakan aset pemkab dengan biaya yang tidak murah. Satu lampu jalan saja mencapai Rp 20 jutaan, tetapi adanya pencurian sehingga saya perintahkan untuk menangkap pelaku, dan pelaku sudah dibawa ke Polres untuk diminta keterangan. Inikan aset, dan semua orang sebagai pengguna juga, kalau lampu mati tabrak binatang, hewan atau manusia dan  terjadi kecelakan bagaimana? Inikan resiko sangat besar maka lampu seperti ini harus perlu dijaga bersama,” pesan Abock.

Sementara itu, Kasat Reksrim Polres Yahukimo, Iptu Mattinetta mengatakan, pelaku pencurian sudah diamankan ke polres, dan sementara ini polisi sedang melakukan penyelidikan. Dari tangan tersangka, menurut polisi, barang bukti yang didapat adalah satu buah tang jepit.

“Pelaku ditangkap sementara ada di tiang dan membongkar tempat aki. Masyarakat melihat itu dan menangkapnya. Setelah itu dilaporkan kepada kami di Polres sehingga anggota dari Polres ke TKP. Pencurian sendiri terjadi  pada pukul dua dini hari,” kata Iptu Mattinetta ketika ditemui Jubi, Selasa (27/2/2018).

Loading...
;

Mattinetta menambahkan, pencurian ini menyebabkan kerugian yang besar. Berdasarkan data yang diperoleh pihaknya dari bidang ketenagalistrikan Pemkab dan PLN setempat,  solar sel yang dicuri sekitar 20 unit. Kerugian bukan hanya di sektor biaya. Apabila satu buah lampu dirusak, maka semuanya tidak dapat berfungsi.

“Jadi pelaku seorang diri dan tidak ada jaringan lainnya. Menurut pengakuan tersangka dipergunakan untuk sendiri saja. Kerugian masih kita hitung,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top