Follow our news chanel

Previous
Next

Pendidikan harus dimulai dari dalam keluarga

Peserta sosialisasi pendidikan keluarga berfoto bersama para alumni, anggota komite sekolah Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik se-Papua. - Jubi/Mawel
Pendidikan harus dimulai dari dalam keluarga 1 i Papua
Peserta sosialisasi pendidikan keluarga berfoto bersama para alumni, anggota komite sekolah Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik se-Papua. – Jubi/Mawel

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Pendidikan Provinsi Papua bekerjasama dengan organisasi Alumni Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik atau YPPK se-Papua dan komite sekolah YPPK se-Papua untuk menggelar sosialisasi pendidikan keluarga. Acara yang berlangsung di Biak, Papua, mulai Kamis (31/10/2019) itu mengundang sejumlah alumni sekolah YPPK di Papua.

Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Laorens Wantik menyatakan kerjasama itu penting dalam mendorong peningkatan sumber daya manusia Papua agar berkualitas dan berkarakter. “Kami tidak bisa lakukan sendiri. Kerja sama dengan mitra akan lebih baik [untuk] menyampaikan kebijakan di dinas,” ungkap Wantik saat membuka sosialisasi pendidikan keluarga Hotel Intsia, Biak, Kamis.

Wantik mengatakan kerjasama itu bisa menjangkau keluarga yang selama ini tidak terjangkau Dinas Pendidikan Papua. Organisasi alumni YPPK dan komite sekolah YPPK se-Papua bisa langsung bersentuhan dengan keluarga. “[Kerjasama itu] bisa membantu kami melaksanakan sosialisasi pendidikan keluarga,” ungkap Wantik.

Wantik menyebut pendidikan keluarga sangat penting untuk membangun sumber daya manusia. Karena, keluargalah yang meletakkan dasar pendidikan sebelum pendidikan formal. “Tanpa pendidikan keluarga, pendidikan formal hari ini sangat buruk,” ungkapnya.

Karena itu, sangat penting melakukan sosialisasi dan diskusi tentang pendidikan keluarga. “Kita bicara pendidikan, [itu] lebih baik daripada kita bicara hal-hal yang tidak penting,” ungkap pria asal Kabupaten Jayawijaya ini.

Elpius Hugi, ketua Alumni sekolah YPPK se Papua dan Dinas Pendidikan Papua itu berawal dari komitmen para pihak untuk menata pendidikan di Papua agar semakin baik dan berkualitas. “Ini komitmen mewujudkan pendidikan yang lebih baik ke depan,” ungkap Hugi dalam sambutan pembukaan mewakili seluruh alumni dan penggurus alumni YPPK se-Papua.

Loading...
;

Kerjasama itu juga buah dari komitmen para alumni sekolah YPPK untuk menengok kembali perkembangan sekolah almamater mereka. Para alumni ingin melihat apakah sekolah almamater mereka berkembang ke arah yang lebih baik dan sesuai perkembangan zaman, atau justru mengalami penurunan dalam menjalankan pendidikan di Papua.

“Saya dari sana, maka kita harus kembali lihat sekolah kita,”ungkap Hugi yang mengharapkan sekolah YPPK semakin berkembang dengan dukungan para alumninya.

“Kita harus sama-sama di belakang mereka. Kita [harus] dorong anak-anak didik. Guru-guru [juga] harus kita perhatikan, itu bukan tugas pemerintah toh,”ungkapnya.

Hugi menyebut kerjasama itu juga penting untuk menghadapi tantangan moral hari ini. “Sekarang ini, tantangan banyak. Maka kita [harus] bersatu, berkomitmen membangun [dan] arahkan mereka dengan baik,”ujarnya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top