Penegakan hukum di Lanny Jaya jangan abaikan warga sipil

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Anggota komisi bidang politik, hukum, HAM DPR Papua, Laurenzus Kadepa mengingatkan kepolisian tidak mengabaikan warga sipil dalam melakukan penegakan hukum terhadap kelompok bersenjata di Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

Ia mengatakan, dalam pemberitaan berbagai media, kini Polda Papua berupaya melakukan pengejaran terhadap kelompok bersenjata di Lanny Jaya, pasca penembakan seorang tukang ojek di wilayah itu.

"Jangan sampai warga sipil yang tak tahu masalah menjadi korban. Itu akan menimbulkan masalah baru," kata Kadepa via teleponnya kepada Jubi, Kamis (8/11/2018) lalu.

Menurutnya, jika akan mengejar kelompok bersenjata di Lanny Jaya sebagai upaya penegakan hukum, itu merupakan bagian dari tugas aparat keamanan dalam mengamankan

kondisi di wilayah negara. 

"Tapi harus humanis. Jangan sampai memunculkan masalah baru dalam melaksanakan tugas. Ada warga sipil yang harus dilindungi, bukan justru ditakut-takuti atau menjadi korban salah sasaran," ujarnya.

Loading...
;

Kapolda Papua, Irjen Polisi Martuani Sormin memimpin langsung pengejaran terhadap kelompok bersenjata pimpinan Purom Wenda yang berbasis di Lanny Jaya. Sikap tersebut sebagai bentuk keseriusan Polri, khususnya Polda Papua menangani kelompok bersenjata. 

"Kelompok Purom Wenda tak boleh semena-mena terhadap masyarakat. Polri akan terus melakukan pengejaran. Selama ini kami telah melakukan upaya persuasif melalui tokoh masyarakat, tapi kelompok itu tak menanggapinya," kata Irjen Pol Martuani Sormin, Selasa (7/11/2018). 

Ia meminta masyarakat di wilayah itu beraktifitas seperti biasa, sebab aparat keamanan berjaga wilayah tersebut untuk menjamin keselamatan masyarakat. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top