Follow our news chanel

Penerimaan CPNS masih disiapkan

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk wilayah Papua berbeda dengan jadwal nasional, yakni 26 September-15 Oktober 2018. Kebijakan tersebut disepakati setelah delegasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bertemu Presiden Joko Widodo, beberapa waktu lalu. 

Pendaftaran dan ujian seleksi juga disepakati berlangsung secara offline atau manual. Namun, mekanismenya masih akan dibicarakan kembali dengan pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Pemerintah dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). 

"Kami masih menunggu, kemungkinan setelah rapat bersama Kemenpan RB baru diketahui mekanismenya," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Papua Nicolaus Wenda, Minggu (14/10/2018).

Wenda mengatakan kuota CPNS ditetapkan sekitar 600 formasi untuk Pemprov Papua. Sementara itu, kuota formasi untuk setiap kabupaten dan kota akan disesuaikan dengan usulan pemerintah daerah masing-masing. 

"Penerimaan CPNS pasti akan dilakukan pada tahun ini. Saya mengimbau kepada masyarakat yang ingin mendaftar agar mempersiapkan diri. Mereka juga jangan mudah percaya dengan oknum yang mengatasnamakan kepala BKD dan menjanjikan kelulusan," ujar Wenda.

Sekretaris Fraksi Gerindra DPR Papua Natan Pahabol menyatakan disetujuinya pemberlakuan sistem offline tidak serta merta membuat permasalahan seleksi CPNS selesai. Pemerintah harus menjamin penerimaan tersebut terbebas dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Loading...
;

“Peluang ini (penerimaan CPNS) harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada pihak memanfaatkan situasi untuk kepentingannya. Jangan ada titip-titipan. Jadi, mereka yang lolos memang benar-benar karena kemampuannya," kata Pahabol, yang juga Sekretaris Komisi V DPR Papua.

Rencana penerimaan CPNS sebelumnya menuai polemik di sejumlah daerah di Papua maupun Papua Barat. Mereka keberatan dengan pemberlakuan sistem daring atau online karena akses internet masih jauh dari memadai. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top