Follow our news chanel

Penertiban pedagang kaki lima tanggung jawab distrik

Ilustrasi pedagang kaki lima - Pexels.com.
Penertiban pedagang kaki lima tanggung jawab distrik 1 i Papua
Ilustrasi pedagang kaki lima – Pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pemerintah distrik diminta segera menertibkan keberadaan pedagang kaki lima di sepanjang pinggiran jalan protokol di Kabupaten Jayapura. Upaya itu pernah dilakukan pada tahun lalu, tetapi dianggap belum efektif.

“Penertiban terhadap pedagang kaki lima merupakan tugas pemerintah distrik. Tahun lalu dilakukan penertiban, tetapi tidak ditindaklanjuti (dengan pengawasan) sehingga pedagang kembali lagi (berjualan di pinggir jalan),” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi, Senin (3/2/2020).

Hana mengatakan Kabupaten Jayapura sedang gencar-gencarnya melakukan penataan wilayah untuk menyongsong pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Setiap kawasan harus bersih, rapi, dan nyaman.

“Pemerintah distrik seharusnya menyediakan lokasi khusus untuk pedagang kaki lima. Jangan karena rumahnya berada dipinggir jalan, lalu membuka usaha di depan rumah. Kios bensin sekali pun harus punya surat izin (usaha),” jelasnya.

Hana melanjutkan selain pemerintah distrik, instasi teknis bertanggung jawab terhadap pembinaan pedagang musiman.  Mereka harus menyiapkan tempat khusus agar pedagang bisa memajang dagangan dengan baik. “Kalau (wilayahnya ) rapi dan indah, pengunjung akan berkesan dengan daerah ini.”

Warga Sentani Maksi Suebu mengatakan pemerintah daerah berkewajiban membina dan menyiapkan lokasi layak untuk pedagang kaki lima. “Jalan Kemiri saat ini sudah seperti pasar. Berbagai dagangan dijual di sana. Lalu, sampahnya dibuang ke mana?” (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top