HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pengaduan kasus dugaan pelanggaran HAM di Papua meningkat

Suasana workshop Komnas HAM perwakilan Papua – Jubi/Arjuna.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Papua mengungkapkan ada  peningkatan pengaduan kasus dugaan pelanggaran HAM sepanjang tahun 2019.

Ketua Komnas HAM perwakilan Papua, Frits Ramandey mengatakan tercatat ada 154 pengaduan pelanggaran HAM yang terdiri dari pengaduan langsung sebanyak 59 laporan tak langsung sebanyak 95 laporan.

Angka ini meningkat dibanding tahun 2017 sebanyak 89 pengaduan dan 2018 sebanyak 68 pengaduan.

“Ini menunjukkan situasi HAM yang sangat memprihatinkan. Meningkatnya aduan tahun ini karena bawaan situasi akhir 2018. Konflik itu kemudian berkepanjangan, dan muncul lagi isu rasis,” kata Frits Ramandey.

Frits mengatakan, dari 59 pengaduan langsung yang diterima Komnas HAM tahun ini, baru 47 di antaranya yang ditindaklanjuti. Beberapa di antaranya telah tuntas, terutama kasus yang melibatkan oknum polisi.

“Kami menganggap kasus yang diadukan itu tuntas ketika aparatnya diperiksa dan diberikan sanksi. Kami tidak melihat berapa lama dan bagaimana hukumannya tapi ada kepastian hukum. Sedangkan pro aktif dari 95 pengaduan pro aktif, kami baru rekomendasikan secara umum kepada pemda untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

Loading...
;

Tim bagian pengaduan Komnas HAM Perwakilan Papua, Melchior S Waruin mengatakan pengaduan yang paling banyak diterima berkaitan langsung dengan hak hidup yakni 48 aduan, hak tersangka 12 aduan, hak tahanan dan narapidana 8 aduan, hak atas rasa aman 8 aduan, hak atas pekerjaan dan syarat-syarat kerja 8 aduan, dan hak pelapor 7 aduan.

“Yang diadukan paling banyak adalah kelompok dengan 47 aduan, institusi kepolisian 25 aduan, pemerintah 18 aduan, dan TNI enam aduan,” kata Melchior S Waruin. (*)

 

Editor: Edho Sinaga

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top