Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pengajuan KTP kembali meningkat di Nabire

Papua
Warga mengurus administrasi kependudukan di hari terakhir pelayanan tahun ini di Nabire, Rabu (18/12/2019) - Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Antusiasme warga dalam mengurus kartu tanda penduduk atau KTP elektronik ternyata cukup tinggi di Kabupaten Nabire. Lebih dari 6.000 blanko ludes terpakai dalam enam bulan.

“Dari sebanyak 9.000 blanko yang diterima pada Januari, sekarang hanya tersisa sekitar 2.800 eksemplar. Rata-rata pemohon KTP ialah tamatan SMA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Nabire Yeremias Mote, Rabu (29/7/2020).

Pengajuan kepemilikan KTP mencapai 200 pemohon setiap hari di Disdukcapil Nabire. Jumlah pengajuan sempat berkurang pada Maret-April, tetapi mulai meningkat kembali sejak Mei.

Pengajuan KTP kembali meningkat di Nabire 1 i Papua

“Pengajuan KTP sempat berkurang akibat pandemi Covid-19 karena pelayanan di kantor juga tidak efektif (terbatas). Setelah itu, pengajuan kembali ramai, dan hingga pekan ketiga bulan ini ada sekitar 120 pemohon KTP,” jelas Mote.

Dia mengatakan pengurusan KTP menerapkan protokol kesehatan. Jumlah antrean pemohon dibatasi supaya tidak berjejal.

“Kami akan mengajukan (permintaan baru) sebanyak 15 ribu eksemplar blanko KTP dalam waktu dekat ini. Itu untuk mengantisipasi kekurangan blanko,” lanjut Mote.

Cadangan blanko dibutuhkan lantaran masih terdapat sekitar 6.000 KTP belum dicetak. Pemohon baru merekamkan data identitas diri, tetapi KTP mereka belum sempat dicetak.

Loading...
;

“Karena itu, kami ajukan (penambahan) blanko kepada Kementerian Dalam Negeri. Kami akan berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah, dan mengurusnya langsung ke Jakarta.

Warga Nabire Ayu Ningtyas mengaku harus mengurus KTP karena hendak berkuliah ke luar daerah. “Saya sudah urus KTP karena itu dibutuhkan untuk melanjutkan studi ke luar Papua.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top