Follow our news chanel

Previous
Next

Pengaktifan kapal Pelni tunggu putusan Bupati Merauke

Papua
Ilustrasi kapal PT Pelni - Jubi/Aries Munandar.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, JubiPT Pelni masih menghentikan layanan pelayaran mereka di Merauke. Kondisi tersebut telah berlangsung sejak pandemi Covid-19 atau sekitar enam bulan silam.

“Layanan pelayaran dihentikan sejak adanya surat Bupati Merauke (mengenai pembatasan transportasi laut dan udara). Kami tidak tahu sampai kapan ditutup (ketentuan tersebut berlaku). Itu bergantung kepada keputusan bupati,” kata Kepala PT Pelni Merauke Bambang Sigit, Kamis (27/8/2020).

PT Pelni selama ini mengoperasikan KM Tatamailau, KM Sirimau, KM Kelimutu, serta KM Lauser untuk melayani penumpang dari dan ke Merauke. Kapal tersebut juga menyinggahi Timika, Kaimana, dan Fakfak.

“Masyarakat masih sangat membutuhkan layanan transportasi laut. Mereka sering mendatangi kantor (Pelni Merauke) untuk menanyakan kepastian pengoperasian kapal,” kata Bambang.

Salah seorang warga yang menanti kepastian pengoperasian kapal Pelni tersebut ialah Aloysius. Lelaki berusia 30 tahun itu mengaku telah berulang kali mendatang Kantor Pelni Merauke guna menanyai kepastian keberangkatan kapal.

“Kami ini masyarakat kecil, tidak punya (banyak) uang sehingga tidak mungkin (mampu) naik pesawat. Hanya kapal Pelni menjadi satu-satunya harapan (untuk bepergian ke luar Merauke),” kata Aloysius, yang berniat pulang ke kampung halamannya di Saumlaki, Maluku.

Bambang menambahkan mereka siap memberlakukan protokol kesehatan apabila kapal diizinkan beroperasi kembali di Merauke. Setiap calon penumpang juga diwajibkan menunjukan hasil uji cepat antibodi (rapid test) sewaktu membeli tiket.

Loading...
;

“Jumlah penumpang dibatasi 50-70% (dari daya tampung kapal). Jadi, pembelian tiket juga dibatasi,” ujar Bambang. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top