Follow our news chanel

Previous
Next

Mengembalikan Kejayaan Kakao Kabupaten Jayapura

Bupati Jayapura mengunjungi lahan pengembangan kakao di Kampung Kalisu ,Distrik Kemtuk - Jubi/ Engelber Wally.
Mengembalikan Kejayaan Kakao Kabupaten Jayapura 1 i Papua
Bupati Jayapura (barisan depan, tiga dari kiri), mengunjungi lahan pengembangan kakao di Kampung Kalisu, Distrik Kemtuk – Jubi/ Engelber Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kakao masih berpotensi menjadi komoditas pertanian andalan di Kabupaten Jayapura. Luas penanamannya saat ini mencapai sekitar 9,5 ribu hektare.

Areal penanaman kakao tersebar di 19 distrik. Adapun lokasi pengembangannya,saat ini diprioritaskan di Wilayah Pembangunan III Kabupaten Jayapura.  Wilayah itu meliputi Distrik Kemtuk, Kemtuk Gresi, Gresi Selatan, Nimboran, dan Namblong.

“Kami mencanangkan (menetapkan) wilayah pembangunan III sebagai sentra pengembangan kakao. Potensinya sangat luar biasa,” kata Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Rabu (4/12/2019).

Di Distrik Kemtuk, terdapat lebih dari 2 hektare lahan yang dicadangkan sebagai areal baru penanaman kakao. Lokasinya berada di Kampung Klaisiu, yang kemudian ditetapkan sebagai salah satu sentra pengembangan kakao di Kabupaten Jayapura.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura juga mencadangkan lahan pengembangan kakao di Distrik Nimbor. Luasannya sekitar 1-2 hektare di setiap kampung.

“Kakao menjadi komoditas andalan daerah pada 5-10 tahun lalu. Produksinya kemudian menurun akibat serangan hama sehingga banyak petani menebang pohon kakao,” jelas Bupati Awoitauw.

Loading...
;

Dia mengatakan potensi kakao yang ada saat ini terus dikembangkan sebagai sumber perekonomian warga kampung. Pemkab Jayapura dipastikan selalu mendukung upaya pengembalian kejayaan kakao.

Ketua Kelompok Petani Kakao Kampung Gemebs di Distrik Nimboran Yahanes Waricu mengaku usaha mereka mengalami pasang-surut dalam beberapa tahun terakhir. Perhatian pemerintah daerah minim, upaya petani untuk menanam kembali kakao juga sangat rendah.

“Saat ini kami menghidupkan (merintis) kembali pengembangan kako dengan dukungan dana desa. (Wilayah) Lembah Grimenawa ini merupakan penghasil kakao terbaik di Kabupaten jayapura,” kata Waricu. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top