HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Pengembangan wirausaha butuh inovasi dan sinergitas

Owner Mega Group, Dahlia Tejo (tengah), saat foto bersama pelaku UMKM. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Mewujudkan semangat wirausaha di kalangan pemuda merupakan salah satu kunci dalam peningkatan ekonomi di Kota Jayapura. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, Robert L.N. Awi di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (19/2/2020).

Menurut Awi, dari 500 pengusaha yang didampingi, kaum milenialnya hampir tidak tersentuh oleh kegiatan usaha. Menurutnya dibutuhkan inovasi dan sinergitas dari semua pihak, untuk terus menumbuhkan dan membumikan jiwa enterpreneurship pemuda di Kota Jayapura.

“Pentingnya sinergi dari semua pihak dan sektor usaha, untuk menciptakan ruang yang dapat memacu semangat kaum milenial ini untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dan skill berbisnis,” jelas Awi.

“Ke depannya kami terus melakukan pendampingan sehingga bisa memberikan kemudahan untuk berusaha, seperti izin usaha, fasilitas, dan bantuan,” ujar Awi.

Owner Mega Group, Dahlia Tejo, mengatakan guna mendukung pengusaha muda di Kota Jayapura pihaknya siap memfasilitasi dengan menyediakan stand khusus sebagai tempat berjualan.

“Saya siapkan stand di Mega Waena khusus untuk anak-anak Papua, dan stand itu dipakai seterusnya karena tujuan saya datang ke Papua untuk memberikan dampak bagi anak-anak Papua dalam berkreasi,” ujar Dahlia.

Loading...
;

Menurut Dahlia, pemuda di Papua memili kreativitas dan kemampuan untuk menghasilkan barang bernilai ekonomi, namun ada keterbatasan sarana dan prasarana.

“Kalau menyalurkan pada acara-acara tertentu, itu tidak selalu. Saya ingin agar pengusaha muda khususnya pelaku UMKM ini selalu ada di tempat usaha juga. Stand ini tujuannya agar usahanya bisa dijual dan dikenal masyarakat,” ujar Dahlia.

Menurut Dahlia, untuk menumbuhkan minat pemuda di Kota Jayapura dalam berwirausaha, harus memiliki semangat mengembangkan minat atau bakat dan motivasi, untuk mau terjun ke dunia usaha atau bisnis.

“Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan tata kelola usaha, produksi, pasar, dan jejaring atau mitra bisnis sesama pengusaha asli Papua, sehingga bersama-sama bisa membangun peningkatan perekonomian bagi diri sendiri dan Kota Jayapura,” jelas Dahlia. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa