Follow our news chanel

Pengerahan pasukan pertahanan PNG ke Australia dimulai

Australia menerima tawaran Fiji untuk mengirimkan pasukan militernya untuk membantu upaya pemadaman kebakaran hutan. - PINA
Pengerahan pasukan pertahanan PNG ke Australia dimulai 1 i Papua
Australia menerima tawaran Fiji untuk mengirimkan pasukan militernya untuk membantu upaya pemadaman kebakaran hutan. – PINA

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Papua Nugini akan mengirim 100 anggota tentara untuk membantu upaya memadamkan kebakaran hutan di Australia.

Komisaris Tinggi Australia untuk PNG, Bruce Davis, membenarkan bahwa penempatan awal para perwira adalah untuk membantu tentara Australia dalam melakukan tugasnya.

Perdana Menteri PNG, James Marape, sebelumnya telah menawarkan untuk mengirim 1.000 tentara dan petugas pemadam kebakaran ke Australia. PM Marape berkata bahwa Australia adalah sahabat baik PNG dan negara pertama yang selalu membantu PNG dalam kesulitan. Pengerahan 100 anggota Pasukan Pertahanan PNG ke Australia akan menelan biaya lebih dari $ 1 juta bagi pemerintah PNG.

Menteri Pertahanan PNG, Saki Soloma menguraikan 76 dari anggota kelompok ini berasal dari batalion khusus teknik di Lae, sedangkan sisanya terdiri dari insinyur lapangan dan staf pendukung dari batalion lainnya di Taurama.

Pesawat Hercules angkatan udara Australia dijadwalkan tiba di PNG pada hari Minggu untuk menjemput tim itu dan kembali ke Australia pada Senin (13/1/2020).

Menteri Soloma menerangkan tugas mendesak dari para anggota itu adalah bekerja bersama rekan-rekan Australia mereka, untuk membersihkan jalan-jalan dan jembatan yang dihadang oleh pohon-pohon yang tumbang, sehingga petugas pemadam kebakaran dapat mencapai daerah-daerah yang terkena dampak tanpa halangan.

Loading...
;

Sementara itu, perusahaan penerbangan yang dari kota Mount Hagen, PNG, telah mengirimkan satu helikopter ke Australia untuk membantu melawan penyebaran kebakaran hutan.

Menurut laporan koran The National, Hevilift Aviation telah mengerahkan satu helikopter dan menanggung semua biayanya sendiri. Kepala Pilot, Mark McCaughan, berkata helikopter itu berawak tiga orang dengan pengalaman dalam operasi pemadaman kebakaran hutan. Ia mengatakan helikopter tersebut bisa mengantarkan 5.000 liter air dan membawa pasokan bantuan hingga lima ton ke komunitas-komunitas terpencil.

Pada Kamis, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mengucapkan terima kasih kepada PNG, Vanuatu dan Fiji atas dukungan mereka, menyebutnya dukungan ini sangat luar biasa.

Vanuatu mengumumkan awal pekan lalu bahwa mereka akan menyumbangkan AS$ 175.000 untuk upaya pemulihan pasca-kebakaran hutan. Presiden Palau juga telah menghubungi PM Morrison untuk menawarkan dukungan negaranya.

Sementara itu pada Senin lalu, setelah menerima kecaman dari masyarakat tentang kurangnya dukungan yang diperlihatkan untuk Australia, pemerintah Kepulauan Solomon mengirimkan ungkapan belasungkawa kepada pemerintah dan orang-orang Australia. (RNZI)

 

Editor : Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top