Penggunaan dana KPS di RS swasta perlu diatur

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi – Sekretaris Komisi V DPR Papua bidang pendidikan dan kesehatan, Natan Pahabol menyarankan pemerintah mengatur penggunaan dana program Kartu Papua Sehat (KPS) di rumah sakit (RS) swasta di Papua.

Hal tersebut perlu dilakukan lantaran selama ini ada dana KPS yang peruntukkan membiayai pengobatan orang asli Papua yang tak mampu, juga diberikan kepada rumah sakit swasta.

"Jangan pemerintah selalu bilang layani saja dulu, nanti KPS bayar. Harus ada pasien seperti apa atau jenis penyakit yang dapat ditangani rumah sakit swasta. Misalnya dia dirujuk dari rumah sakit pemerintah karena tidak dapat ditangani atau alasan lainnya," kata Natan Pahabol kepada Jubi, Kamis (6/12/2018).

"Atau perlu ada batasan biaya untuk pasien KPS yang berobat di rumah sakit swasta, misalnya satu pasien biayanya maksimal 20 atau 25 juta."

Menurutnya, lantaran tak ada kriteria yang mengatur pasien pengguna KPS di RS swasta, kebanyakan masyarakat memilih berobat ke RS swasta dibanding RS pemerintah dengan berbagai alasan, salah satunya karena pelayanan.

"Akibatnya, baru pertengahan tahun anggaran, anggaran KPS di rumah sakit swasta sudah habis. Sedangkan anggaran KPS di rumah sakit tidak terserap maksimal," katanya.

Loading...
;

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aloysius Giyai mengatakan, sejak 2014 anggaran yang digelontorkan untuk program KPS mencapai Rp 800 miliar.

"KPS memiliki peran penting membantu warga yang belum terdaftar dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) wilayah Papua," kata Aloysius Giyai belum lama ini.

Menurutnya, dalam KPS tak ada penetapan plafon untuk pemberian bantuan kepada pasien. Orang asli Papua mendapat bantuan pelayanan kesehatan tanpa batas melalui KPS. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top