Follow our news chanel

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua
Sekretaris Yayasan Panah Papua, Agustina Dosai saat ditemui di Kantor Wali Kota Jayapura. - Jubi/Ramah

Penggunaan narkoba dari kalangan remaja diprediksi meningkat saat pandemi

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sekretaris Yayasan Panah Papua, Agustina Dosai, mengatakan pandemi Covid-19 meningkatkan penggunaan narkoba pada kalangan remaja di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

“Selama pandemi ini, penggunaan narkoba kami prediksi ada peningkatan, karena anak tidak sekolah dan selalu omelin sama orang tuanya sehingga menjadikan narkoba sebagai tempat pelarian anak,” ujar Dosai saat ditemui Jubi di Kantor Wali Kota Jayapura-Papua, Selasa (17/11/2020).

Menurut Dosai, pandemi Covid-19 berdampak luar biasa pada kehidupan masyarakat terutama ekonomi dan sosial termasuk di antaranya penggunaan narkoba (narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang lainnya).

“Orang bekerja saja sudah stres karena Covid-19 ini, apalagi anak-anak remaja pengangguran dan putus sekolah sehingga pelariannya ke narkoba untuk menghindari stres,” ujar Dosai.

Dosai menjelaskan, ada tiga tahapan penggunaan narkoba di kalangan remaja, yaitu berawal dari coba-coba, kemudian meningkat ke penggunaan rutin, lalu menjadi kecanduan.

“Kontrol sosial sangat diperlukan. Ketika melihat atau mengetahui ada penyalahgunaan zat berbahaya di kalangan remaja segera laporkan ke BNN. Remaja juga harus mempunyai kontrol diri yang tak kalah pentingnya,” uja Dosai.

Dosai menambahkan, Yayasan Panah Papua yang beralamatkan di Kabupaten Jayapura selama beroperasi atau berdiri sejak 2013, sudah menangani ratusan remaja yang terlibat dalam penggunaan narkoba.

Loading...
;

“Puji Tuhan sebagian besar anak yang kami dampingi terbebas dari pengaruh penggunaan narkoba. Mereka kembali pada kehidupan normal dan bekerja untuk kehidupan mereka yang lebih baik lagi,” ujar Dosai.

Baca juga: Dinas PPPA Kota Jayapura sebut peningkatan kapasitas perempuan diperlukan

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan untuk memutus penyebaran narkoba di Kota Jayapura dengan memperketat pengawasan sumbernya masuknya dari PNG.

“Jalan-jalan tikus yang digunakan oknum untuk menyeludupkan narkoba dijaga ketat dengan aparat keamanan,” ujar Rustan.

Dikatakan Rustan, Pemerintah Kota Jayapura sudah membentuk kampung percontohan penanganan narkoba di Kampung Nafri, dengan harapan seluruh kampung di Kota Jayapura terbebas dari narkoba.

“Narkoba mengancam masa depan. Jangan coba-coba dengan narkoba, nanti menyesal di kemudian hari. Pergaulan dengan orang-orang yang bisa membuat hidup jadi lebih baik, dan selalu dekat dengan Tuhan agar dijauhkan dari perbuatan yang mencelakakan diri sendiri dan orang lain,” ujar Rustan. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top