Follow our news chanel

Previous
Next

Penghitungan suara pemilu rampung, 19 anggota parlemen Nauru terpilih

MP David Adeang. - PINA/The Government of the Republic of Nauru
Penghitungan suara pemilu rampung, 19 anggota parlemen Nauru terpilih 1 i Papua
MP David Adeang. – PINA/The Government of the Republic of Nauru

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Yaren, Jubi – Menteri Kehakiman dan Keuangan Nauru, David Adeang, adalah calon terkuat untuk memimpin Nauru setelah Presiden Baron Waqa kehilangan kursinya dalam pemilihan umum akhir pekan kemarin.

Adeang, yang adalah wakil presiden di bawah Waqa, terpilih kembali masuk ke parlemen sebagai kandidat yang memenangkan suara tertinggi di dapil terbesar, Ubenide. Waqa sendiri bertarung di dapil Boe, di mana kedua kursi di dapil itu dimenangkan oleh Asterio Appi dan Martin Hunt. Dua perempuan, Charmaine Scotty dan Isabella Dageago, akan mewakili Yaren.

Waqa telah memimpin Nauru selama enam tahun. Periode kepresidenannya dikenal dengan kontroversi yang berkepanjangan atas perlakuan terhadap pengungsi di pusat pemrosesan lepas pantai Australia di Nauru dan atas larangan tiga tahun Facebook di bangsa itu.

Parlemen Nauru akan bertemu Selasa, untuk memilih Presiden dan Juru Bicara Parlemen yang baru.
Hasil pemilu Nauru tahun ini berakhir dengan setengah dari parlemen sebelumnya ditendang keluar, termasuk presiden Waqa.

Mathew Batsiua, yang adalah seorang veteran politisi Nauru dan anggota kelompok yang disebut Nauru 19, juga gagal untuk terpilih kembali. Namun, berdasarkan laporan Radio New Zealand, ia menyambut baik hasil pemilu ini, berkata kepada Don Wiseman bahwa ini adalah bukti desakan agar ada perubahan yang berarti.

Dapil Ubenide memiliki empat dari 19 kursi di parlemen Nauru. David Adeang memenangkan suara paling tinggi dari empat kandidat yang menang di dapil ini, dengan selisih 103 suara dari peringkat kedua, Russ Kun.

Loading...
;

Anggota-anggota yang terpilih itu pada akhirnya akan memutuskan siapa yang akan memegang jabatan presiden.

Dua perempuan yang berhasil terpilih – sebuah kemenangan yang, menurut pakar Pasifik, Tess Newton Cain, penting, disadur dari program Pacific Beat, Radio Australia.

“Ini adalah pencapaian yang penting bagi Nauru di wilayah di mana keterwakilan perempuan terbatas di parlemen nasional.” (PINA)


Editor : Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top