Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Pengoperasian Palapa Ring diharapkan mampu dukung pelaksanaan PON Papua

Kepala Diskominfo Papua, Kansiana Salle - Jubi/Dok.
Pengoperasian Palapa Ring diharapkan mampu dukung pelaksanaan PON Papua 1 i Papua
Kepala Diskominfo Papua, Kansiana Salle – Jubi/Dok.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pengoperasian Palapa Ring Wilayah Timur diharapkan akan mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2020. Harapan itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua, Kansiana Salle saat dihubungi di Jayapura pada Selasa (15/10/2019).

Kansiana Salle, mengatakan Palapa Ring Wilayah Timur yang pengoperasiannya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo Senin (14/10/2019) telah menghubungkan 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Palapa Ring Wilayah Timur akan menambah kapasitas jaringan internet berbagai kabupaten dan kota di Papua.

Pengoperasian Palapa Ring diharapkan mampu dukung pelaksanaan PON Papua 2 i Papua

“Harapan utama [kami], keberadaan Palapa Ring akan mendukung penyelenggaraan PON XX Papua 2020. Sebab keberadaan teknologi informasi yang cepat, tepat, dan akurat sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan event empat tahunan itu,” kata Kansiana Salle.

Salle menyatakan pengoperasian Palapa Ring Wilayah Timur membuat pemerintah kabupaten/kota memiliki jaringan internet yang memadai untuk mengimplementasikan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik yang terintegrasi. Menurut Salle, pelaksanaan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik itu sesuai dengan rekomendasi koordinasi, supervisi, dan pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Di Papua terdapat 23 wilayah kabupaten yang dilalui proyek ini. Masih ada beberapa daerah di Papua, khususnya wilayah Pegunungan Tengah yang masih belum sepenuhnya beroperasi, atau masih dalam proses penyelesaian. Tapi kami berharap ke depan seluruh Papua bisa terkoneksi jaringan internet untuk menopang pembangunan,” ujarnya.

Seorang warga Kabupaten Tolikara, Ika Nan Megah mengaku jaringan internet di wilayahnya cukup memadai. Akan tetapi, hingga Selasa ia belum merasakan peningkatan kualitas sambungan internet pasca peresmian beroperasinya Palapa Ring Wilayah Timur pada Senin. “Kalau dikantor jaringan lancar, tapi kalau sudah di rumah kadang internet putus nyambung,” kata Ika.

Loading...
;

Hal senada disampaikan, Reza warga Kabupaten Asmat. Dirinya mengaku untuk daerahnya sudah ada empat Base Transceiver Station (BTS), hanya saja belum berfungsi. “Sampai hari ini kami masih menggunakan wifi swasta yang biaya sewanya Rp10 ribu per jam. Saya berharap akses Palapa Ring bisa segera masuk ke seluruh wilayah di Papua, agar kebutuhan internet di kalangan masyarakat terpenuhi,” kata Reza. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top