Follow our news chanel

Previous
Next

Pengrajin karawo dibekai ilmu desain

Pengrajin karawo dibekai ilmu desain 1 i Papua
Ist/Jubi

“Karawo ini merupakan kerajinan tradisional yang kami andalkan dan tentunya perlu ditingkatkan kualitas, sehingga bisa bersaing di pasar nasional bahkan hingga internasional,”

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Gorontalo, Jubi – Sebanyak 75 pengrajin karawo atau kain sulaman khas Gorontalo dibekali pelatihan desain motif di gedung Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo. Pelatihan tersebut sebagai rangkaian Gorontalo Karnaval Karawo tahun 2019 yang digelar oleh Dinas Pariwisata setempat.

“Karawo ini merupakan kerajinan tradisional yang kami andalkan dan tentunya perlu ditingkatkan kualitas, sehingga bisa bersaing di pasar nasional bahkan hingga internasional,” kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo, Sutan Rusdi, Rabu, (2/10/2019).

Berita terkait : Karawo tampil di “Couture New York Fashion Week”

Karawo punya dampak bagi ekonomi Gorontalo

Ia berharap kapasitas para pengrajin Karawo lebih meningkat, sehingga melahirkan produk dengan motif yang lebih bervariasi.

Loading...
;

Sutan mengajak para mahasiswa dan pelajar yang turut mengikuti pelatihan tersebut agar mampu menciptakan motif  karawo dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi.

“Bagi mahasiswa dan pelajar yang memiliki hobi desain bisa menyalurkan bakatnya, untuk menghasilkan desain motif karawo melalui aplikasi teknologi,” kata Sutan menambahkan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifli Katili menyatakan pelatihan desain untuk meningkatkan kemampuan para pengrajin agar bisa menyesuaikan tren fashion yang berkembang.

“Karawo ini sudah sampai ke mancanegara, untuk itu kita harus mampu mengembangkan motif-motif karawo yang mengikuti tren fashion nasional dan dunia,” kata Rifli.

Ia berharap karawo tidak hanya dikenakan pada kegiatan formal saja, tetapi melekat dalam keseharian masyarakat Gorontalo khususnya generasi milenial.

Tercatat pelatihan desain melibatkan I Wayan Sudana dan Hasdiana Saleh dari Jurusan Seni Rupa Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, serta Agus Lahinta praktisi dari Rumah Karawo. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top