Pengunjung Tungkuwiri belum sadar jaga kebersihan

Sampah yang dibuang begitu saja di luar bak sampah di Tungkuwiri - Jubi/Yance Wenda
Pengunjung Tungkuwiri belum sadar jaga kebersihan 1 i Papua
Sampah yang dibuang begitu saja di luar bak sampah di Tungkuwiri – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kabupaten dan Kota Jayapura memilik banyak tempat wisata yang indah. Sayang, belum senuhnya ada kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan tempat-tempat wisata tersebut.

Pengunjung yang datang ke tempat wisata bisa dipastikan membawa tentengan kantong plastik berisi air mineral kemasan, cemilan, dan makanan lainnya. Jamak kita lihat, sampah bekas pakai ini tidak dibuang pada tempat-tempat yang sudah disediakan.

Salah satu obyek wisata di Kabupaten Jayapura yang banyak dikunjungi wisatawan adalah bukit Tungkuwiri atau yang biasa disebt bukit Teletubbies.

Pantauan Jubi di Tungkuwiri, yang terletak di Kampung Doyo Lama, pengunjung belum sepenuhnya sadar untuk menjaga kebersihan obyek wisata tersebut dengan membuang sampah pada tempatnya. Padahal, pengelola Tungkuwiri sudah menyiapkan tempat sampah di setiap pondok yang ada, namun ternyata belum dimanfaatkan dengan baik oleh para pengunjung. Mereka membiarkan sampah dari bungkus makanan berserakan di sekitar pondok-pondok.

Ricard F Yoku, warga Doyo lama, mengatakan kesadaran para pengunjung untuk menjaga kebersihan belum begitu baik ketika mereka datang berkunjung di tempat wisata ini.

“Pengunjung yang datang itu mereka bawa kantong yang isinya minuman dan yang lain itu mereka lempar saja begitu. Memang yang mereka buang sedikit tapi lama-lama akan bertumpuk jadi banyak, karena sampah yang dibuang itu botol bekas air, plastik cemilan, popok bayi, pembalut, dan sampah lainnya, yang sebagian besar sulit terurai,” jelasnya kepada Jubi, Sabtu (2/11/2019).

Loading...
;

Ricard menambahkan bila sampah-sampah itu dibiarkan, dalam sepekan di tempat wisata ini yang terlihat hanya tumpukan sampah bukan indahnya bukit Tungkuwiri.

“Coba bayangkan kalau ada tempat sampah tapi buang sampah itu di luar dari tempat sampah, akhirnya orang mau foto atau duduk lama itu akan terganggu dengan sampah yang berserakan,” katanya.

Selain itu, ia juga berharap setiap pengujung sadar pentingnya kebersihan di lingkungan wisata, baik di Tungkuwiri maupun di tempat wisata lainnya.

“Kita sedikit lagi sudah mau jadi tuan rumah PON, jadi apa yang harus kita lihatkan kepada tamu yang nanti datang, kalau sampah banyak begitu,” ucap Yoku.

Seorang pengujung bukit Tungkuwiri, Ully Wouw, mengatakan di Tungkuwiri banyak pondok yang rusak karena ulah pengunjung yang tidak menggunakannya dengan baik.

“Pondok itu duduknya di dalam di papan yang dialas tapi pengunjung dan juga ada anak-anak sekolah yang injak-injak. Mereka tidak mau bantu jaga dengan baik dan banyak sampah yang dibiarkan begitu saja dalam pondok,” ucapnya.

Ully sangat kesal dengan kelakukan pengunjung yang tidak jaga kebersihan di Tungkuwiri.

“Coba buang sampah di tempat kah dan duduk sopan kah, supaya orang bisa betah mendapatkan angin di Tungkuwiri. Kalo model seperti ini memang susah juga,” Kata Ully Wouw. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top