Pengurus PMI Lanny Jaya Dilantik

Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lanny Jaya ketika dilantik. Jubi/Ist
Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lanny Jaya ketika dilantik. Jubi/Ist

Wamena, Jubi – Pengurus Palang Merah (PMI) kabupaten Lanny Jaya masa bakti 2015 – 2020, Kamis (23/8/2015) dilantik oleh Ketua PMI provinsi Papua, Johanis Safkaur.

Pelantikan tersebut ditandai dengan pemasangan pin dan rompi PMI, oleh Ketua PMI provinsi Papua kepada Ketua PMI kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait, ST, M.Si.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PMI provinsi Papua, Drs. Johanis Safkaur, MM mengatakan, PMI adalah organisasi Kemanusiaan Non Provit artinya tidak mencari untung, tetapi dalam tugasnya harus respons, bergerak cepat, tanggap terhadap masalah-masalah kemanusiaan.

Untuk itu perlu seorang Ketua atau Pemimpin yang bertanggung jawab dengan semangat kebersamaan, serta menjunjung tinggi prinsip-prinsip dasar Gerakan PMI dan Bulan Sabit Merah Internasional,” ujar Safkaur dalam press release yang diterima JUBI di Wamena, Kamis (13/8/2015).

Lanjutnya, Papua merupakan daerah rawan bencana, didalamnya Kabupaten Lanny Jaya karena Papua berada di lempengan Pasifik dan berpotensi gempa bumi. Oleh karena itu, dituntut untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi bahaya tersebut mulai dari kapasitas Organisasi PMI baik pengurus, staf dan relawan, serta memperkuat hubungan kerjasama dengan stake holder lainnya. Dengan demikian, bisa mengurangi atau meringankan beban penderitaan masyarakat apa bila terjadi bencana.

Mengenai kejadian bencana, Kita semua sama sekali tidak tahu kapan dan dimana bencana itu akan terjadi,” ungkapnya.

Seusai pelantikan tersebut lanjutnya, pengurus melakukan konsolidasi dan siap melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan. Lanjutnya, Ketua berhak mengangkat kepala dan staf markas diluar kepengurusan PMI, selanjutnya merekrut sukarelawan yang terdiri dari para pemuda gereja dan sekolah. Juga membentuk Palang Merah Remaja (PMR) dan korps sukarelawan dan siap untuk menjalankan tugas jika dibutuhkan.

Loading...
;

Agar organisasi berjalan dengan maksimal, kalau bisa ada kantor dan markas tempat organisasi dijalankan. Atas nama pengurus PMI provinsi kami mengucapkan terimakasih karena sudah terbentuknya PMI di Lanny Jaya dan kami mengharapkan dukungan pemda agar organisasi PMI berjalan dengan baik,” tandasnya.

Sementara itu, Sekda Lanny Jaya, Christian Sohilait mewakili Bupati mengatakan, berterimakasih kepada PMI yang sudah memberikan bantuan pada penanganan darurat bencana di Lanny Jaya. Lanjutnya, pemda akan memberikan dukungan penuh untuk kegiatan kemanusiaan.

Ini adalah tugas kemanusiaan sehingga bukan untuk mencari uang atau keuntungan. Yang dibutuhkan adalah hati untuk menjalankan tugas kemanusiaan,” tegasnya.

Susunan pengurus PMI kabupaten Lanny Jaya Masa Bakti 2015 – 2020 yang dilantik diantaranya, Ketua dijabat oleh Christian Sohilait, ST, M.Si, Sekretaris dijabat oleh Tarwi Kiwo, SE, MM dan Bendahara dijabat oleh, Thomas Labobar. (Islami)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top