Follow our news chanel

Previous
Next

Pengusaha APINDO Papua setujui kenaikan 8,5 persen UMP Papua

Pengusaha APINDO Papua setujui kenaikan 8,5 persen UMP Papua 1 i Papua
Ilustrasi uang. Pixabay.com/Jubi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Papua (APINDO) Provinsi Papua menyatakan setuju dengan keputusan Menaker soal UMP 2020 yang naik 8,5 persen.

“Rata-rata APINDO daerah lainnya menyetujuinya dan Papua dan tidak bisa lebih dari 8,5 persen seperti yang putusan Menteri Tenaga Kerja beberapa waktu lalu,” ujar Ketua Umum APINDO Papua, Tulus Sianipar saat dikonfirmasi oleh Jubi, Selasa (5/11/2019)

Dia mengatakan, kenaikan UMP itu akan memberatkan apabila dipatok le bih dari 8,5 persen. Menurutnya itu akan berat bagi pengusaha dikarenakan adanya beberapa faktor. Salah satunya karena ekonomi global yang masih terdampak perang dagang China-Amerika yang mengakibatkan kelesuan ekonomi secara global.

“Ditambah harga-harga produk di pasaran yang jatuh, juga nggak mungkin turun UMP itu. Tapi ini kan berlaku pada tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, CEO Saga Grup, Garry Marcelino Pirono saat dihubungi menyatakan setuju dengan adanya kenaikan UMP di Papua .

Ia menyatakan, setiap pengusaha harus berupaya menumbuh-kembangkan usahanya, agar mampu mengimbangi kenaikan UMP Papua. Jika sebuah usaha stagnan atau merugi, kenaikan UMP Papua bisa secara langsung mengurangi keuntungan, atau bahkan menambah kerugian pengusaha.

Loading...
;

“Mereka yang tidak kuat mengatur biaya produksi dan operasional, pasti akan gugur [dalam persaingan usaha. Apalagi, saat ini persaingan usaha semakin sengit,” katanya.

Sebelumnya Kementerian Ketenagakerjaan memutuskan kenaikan upah minium regional 2020 naik 8,51 persen. Hal itu mengacu pada besaran inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional. UMP Papua pada 2019 senilai Rp 3.240.900. Naik menjadi sekitar Rp 3.516.700 pada 2020.(*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top