Follow our news chanel

Penkes dan layanan publik diturunkan ke distrik

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diwawancara oleh media di Sentani - Jubi/Engel Wally
Penkes dan layanan publik diturunkan ke distrik 1 i Papua
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diwawancara oleh media di Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura telah menentukan beberapa distrik sebagai pilot project pusat pelaksanaan pelayanan publik, pusat data dan informasi, serta pusat pelatihan.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan pelayanan publik saat ini harus diselesaikan pada tingkat distrik, tidak harus ke pemerintah kabupaten. Sehingga ada beberapa kewenangan yang telah diturunkan ke tingkat distrik melalui Peraturan Bupati, termasuk penganggarannya. Hal ini sudah dibicarakan dengan Bappenas dan Pemerintah Provinsi Papua.

“Jadi, distrik akan menjadi pusat pelayanan publik. Baik pendidikan dan kesehatan (penkes) serta pelayanan dasar minimal lainnya,” kata Bupati Awoitauw, di Sentani, Senin (15/7/2019).

Dikatakan, saat ini tim sedang menginventarisasi semua yang dibutuhkan untuk pelayanan di tingkat bawah. Sejumlah OPD sudah dikumpulkan untuk membicarakan hal ini lebih lanjut.

“Bappeda, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial sudah kita ajak koordinasi kembali. Pada sejumlah OPD ini memiliki program dan pendanaan yang beritegrasi langsung dan sudah saya pastikan agar semua persoalan ini dapat terlaksana dengan baik, secara khusus masalah pendidikan dan kesehatan di kampung-kampung, harus bebas biaya,” tandas Bupati Awoitauw.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura,  Elisa Yarusabra, mengatakan pihaknya akan lebih intens kepada keseluruhan program dan sistem pendanaan yang akan dilakukan di setiap kampung.

Loading...
;

“Alokasi dana kampung sudah jelas pembagiaannya di setiap kampung, mulai dari pendidikan, kesehatan, ibu dan anak, agama, pemuda, perempuan dan adat. Sehingga pengawasan kami lebih kepada penggunaan anggaran dan peruntukannya. Tentu ada pelaporan yang harus dilaporkan dari setiap pemanfaatkan anggaran yang sudah digunakan,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top