Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Penumpang kapal laut pada Natal dan Tahun Baru bertambah

Foto ilustrasi, KM Gunung Dempo saat meninggalkan Pelabuhan Jayapura. – youtube.com/Ferawati Indriyani

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Rabu – Jumlah penumpang arus balik liburan Natal dan Tahun Baru 2020 yang memakai kapal laut di Pelabuhan Jayapura, Papua mengalami peningkatan sekitar 50 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Pertambahan jumlah penumpang arus balik itu melanjutkan tren peningkatan jumlah penumpang di Pelabuhan Jayapura sepanjang 2019 lalu.

Kepala PT Pelni Jayapura, Harianto Sembiring menyatakan peningkatan jumlah penumpang arus balik di Pelabuhan Jayapura mulai terasakan sejak Jumat (10/1/2020) pekan lalu. “[Peningkatan jumlah penumpang [terlihat dari jumlah penumpang turun dari] Kapal Motor Ceramai pada Jumat dan Kapal Motor Labobar pada Sabtu. Jumlah penumpang yang diturun di Jayapura sekitar 1.500 orang,” kata Sembiring pada Rabu.

Sembiring menyatakan peningkatan jumlah penumpang pada arus mudik dan arus balik Natal dan Tahun Baru itu melanjutkan tren bertambahnya jumlah penumpang kapal laut sepanjang 2019. Pelni mencatat jumlah penumpang kapal laut di Pelabuhan Jayapura sepanjang 2019 mencapai 180.721 orang. Pada 2018, jumlah penumpang kapal laut hanya 141.808 orang.

Untuk pelayaran di wilayah Indonesia bagian timur, PT Pelni saat ini mengoperasikan lima kapal motor (KM), yaitu KM Gunung Dempo (berkasitas 1.600 penumpang), KM Ciremai (1.000 penumpang), KM.Labobar (3.000 penumpang), KM Sinabung (2.000 penumpang) dan KM.Dabonsolo (1.500 penumpang). Sembiring menyatakan hingga kini PT Pelni belum memiliki rencana untuk menambah jumlah armada di wilayah Indonesia bagian timur.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

 

Loading...
;

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top