TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Penyandang disabilitas berharap disediakan TPS khusus

Ilustrasi TPS -jUBI/Dok,
Penyandang disabilitas berharap disediakan TPS khusus 1 i Papua
Ilustrasi TPS -JUBI/Dok,

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Jayapura, Roby Nyong berharap, penyandang disabilitas di Kota Jayapura mengharapkan ada tempat pemungutan suara (TPS) khusus pada saat pelaksanaan Pemilu Legisltif dan Pemilu Presiden 17 April 2019.

“Sebenarnya ini tergantung kebijakan. Di Papua Barat itu ada TPS khusus pada saat pemilihan kepala daerah, bupati dan gubernur,” katanya, Jumat (5/4/2019).

TPS khusus ini untuk memudahkan dan mengakomodir penyandang disabilitas saat menyalurkan hak konstitusinya pada hari H.

“Memang terkesan merepotkan, tapi jika ada di tiap distrik di Kota Jayapura itu TPS khusus, maka ini sangat memudahkan akses teman-teman disabilitas,” ujarnya.

Robi mengatakan wacana TPS khusus untuk kaum disabilitas ini sudah dikemukakan ke Bawaslu pada saat sosialisasi dan telah diusulkan ke KPU Kota Jayapura.

“Hanya saja dengan KPU Kota Jayapura saya sendiri yang bicara, mereka hanya minta kerja sama untuk sukseskan pemilu, belum ada kepastian,” sebutnya.

Robi berharap mungkin perlu ada suatu contoh TPS yang gampang diakses oleh kaum disabilitas di Kota Jayapura sehingga bisa menjadi ikon pada saat pemilu 17 April 2019. (*)

 

Editor       : Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us