Follow our news chanel

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Papua
Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru. - Jubi/Ramah

Penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura mulai landai

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru mengatakan berdasarkan data dari Gugus Tugas Covid-19, melalui Bidang Penanganan Kesehatan angka penyebaran Covid-19 mulai menurun.

“Sekarang setiap hari rata-rata warga yang terpapar covid, kurang lebih ada 13 sampai 16 orang. Bila dibandingkan Oktober, setiap rata ada 56 orang yang terpapar,” ujar Rustan di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (17/11/2020).

Dikatakan Rustan, penurunan angka penyebaran Covid-19 disebabkan oleh tiga faktor, di antaranya masyarakat sudah menyadari dampak dari Covid-19, yang membuat warga lebih tertib lagi dalam menerapkan protokol kesehatan.

Satuan tugas Covid-19 Kota Jayapura gencar melakukan tracing contact untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, dan melakukan isolasi mandiri secara ketat kepada warga yang terpapar agar benar-benar disiplin.

“Tidak seperti sebelum-sebelumnya. Sekarang mereka sudah merasakan bahaya dari Covid ini. Tiga faktor inilah yang membuat angka penyebaran Covid di Kota Jayapura menurun,” ujar Rustan.

Selain itu, dikatakan Rustan, penurunan angka penularan Covid-19 juga dibuktikan dengan Ro/Rt yang sudah di angka 1,6 dari sebelumnya di angka 1,8.

“Kami berharap akhir bulan ini Ro/Rt bisa di bawah satu sehingga tetap aman terhadap Covid di Kota Jayapura,” ujar Rustan.

Loading...
;

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, mengatakan agar terhindari Covid-19, setiap kali keluar rumah harus menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan di air mengalir dengan sabun.

“Kalau ini semua kita lakukan, saya yakin kita bisa menang melawan Covid. Saya minta, kita semua sama-sama melawan Covid supaya kita bisa beraktivitas dengan normal lagi,” ujar Tomi Mano.

Tomi Mano menambahkan, bila ada warga yang mengalami gejala Covid-19, seperti sesak napas tenggorokan kering, hilang penciuman, demam, flu, dan baru segera ke puskesmas untuk mendapatkan penanganan.

“Semua ini kita lakukan untuk kesehatan kita semua. Tetap jaga kesehatan, hidup bersih, makanan makanan bergizi, dan patuhi protokol kesehatan supaya tetap sehat untuk melakukan aktivitas sehari-hari,” ujar Tomi Mano. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top