Follow our news chanel

Penyelundupan satwa liar dilindungi di Papua Barat sangat masif

Kepala BBKSDA Papua Barat, Budi Mulyanto (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No.1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua Barat, Budi Haryanto, mengatakan kejahatan dalam aksi penyelundupan tumbuhan dan satwa liar di wilayah Papua Barat masih berlangsung secara masif lewat berbagai modus.

“Namanya kejahatan, berbagai modus bisa digunakan, karena di luar Papua, masih ada permintaan pasar dengan nilai fantastik. Itulah pemicu oknum tertentu dengan berbagai modus menyelundupkan tumbuhan dan satwa liar,”kata Budi kepada Jubi, melalui sambungan telepon, Jumat (20/11/2020).

Dikatakan, upaya pengawasan, pengelolaan dan penertiban tumbuhan satwa liar yang dilindungi, menjadi konsetrasi BBKSDA Papua Barat. Dia tak menampik, bahwa masih banyak jenis burung paruh bengkok wilayah Timur yang diselundupkan dan banyak tertangkap di luar Papua.

“Jenis [Nuri] paruh bengkok terus terancam, makanya konsen kami pada pengawasan di setiap pintu masuk pelabuhan dan bandara di daerah,” katanya.

Upaya yang dilakukan untuk tingkatkan pengawasan, lanjut Budi, melalui sosialisasi melibatsertakan stageholder TNI/Polri, Pemerintah, NJO dan masyarakat dalam sebuah deklarasi bersama pada tahun 2018 tentang penyelamatan pengawasan, serta penertiban peredaran tumbuhan dan satwa liar, dan juga illegal loging.

“2018 kami sudah deklarasi bersama dan diharapkan jadi komitmen bersama para pihak termasuk masyarakat, agar ikut mengawasi dan melindungi [khusus] satwa yang hampir punah di Papua Barat,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Kepala BKSDA Fakfak, Isah B.Samori, dalam keterangan persnya kepada media lokal Fakfak, mengakui bahwa aparat KP3 laut bersma petugas Pelni Fakfak berhasil mengamankan puluhan ekor burun Nuri kepala hitam (Lorius Lory) tak bertuan di atas KM.Sinabung saat bersandar di pelabuhan laut Fakfak dengan tujuan pulau Jawa. (*)

Loading...
;

 

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top