HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Penyerapan pendapatan daerah dan IPM di Papua meningkat

Suasana pembukaan paripurna pembahasan LKPJ Gubernur Papua tahun 2018 – Jubi/Arjuna Pademme.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua, Lukas Enembe menyatakan realisasi pendapatan daerah dari tahun ke tahun terus meningkat. Begitu juga Indeks Pembangunan Manusia atau IPM Papua.

Hal itu dikatakan Lukas Enembe saat pembukaan paripurna pembahasan Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Papua tahun 2018 dan Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018 dan Raperda non APBD, Senin (16/9/2019), dan akan berlangsung hingga Kamis (19/9/2019).

Lukas Enembe mengatakan, realisasi penyerapan pendapatan daerah 2018 sebesar 96,44 persen atau meningkat 3,71 persen dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, pada periode 2013-2018, pertumbuhan pendapat daerah meningkat 11 persen setiap tahun. Ini menunjukkan kinerja pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan, pelayanan kemasyarakatan serta merealisasikan pendapat sudah baik.

“Perbandingan antara anggaran belanja yang direncanakan dan direalisasikan pada akhir tahun, juga menunjukkan kinerja yang baik. Realisasi penyerapannya mencapai 89,66 persen,” kata Lukas Enembe.

Katanya, pencapaian realisasi belanja belanja ini dikarenakan optimalisasi belanja dan efisiensi belanja, didukung penguatan pengawasan internal maupun eksternal terhadap pelaksanaan APBD tahun anggaran 2018.

Loading...
;

Selain itu kata Enembe, upaya Pemprov Papua meningkatkan kualitas sumber daya manusia Papua yang sehat dan berprestasi, juga telah membuahkan hasil. Indeks Pembangunan Manusia atau IPM Papua selama 2017-2018, terus mengalami kemajuan. Pada 2018, IPM Papua mencapai 60,06 meningkat 0,97 poin.

“Kita berhasil meningkatkan capaian pertumbuhan IPM sebesar 1,64 persen dibanding 2017. IPM Papua telah berubah status dari kategori rendah menjadi kategori sedang,” ujarnya. (*)

 Editor: Edho Sinaga

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top