HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Penyidik Polres Merauke bawa sampel sopi ke BPOM Jayapura

Peralatan yang digunakan memproduksi milo oleh NK dan ditangkap beberapa waktu lalu – Jubi/Frans L Kobun
Penyidik Polres Merauke bawa sampel sopi ke BPOM Jayapura 1 i Papua
Peralatan yang digunakan memproduksi milo oleh NK dan ditangkap beberapa waktu lalu – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi –  Seorang penyidik Satnarkoba Polres Merauke membawa sampel berupa minuman lokal (milo) jenis sopi ke Balai Pengawasan dan Obat dan Makanan (BPOM) Jayapura untuk diteliti lebih lanjut.

Hal itu disampaikan Kasat Narkoba Polres Merauke, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Subur Hartono kepada Jubi, Senin (1/4/2019).

Penyidik Polres Merauke bawa sampel sopi ke BPOM Jayapura 2 i Papua

Dikatakan, pemeriksaan sampel sopi, sudah merupakan ketentuan untuk mengetahui kadar tetanol maupun metanolnya.

“Kita perlu mengetahui apakah kemasan yang digunakan memproduksi sopi, steril atau tidak. Jadi, harus diketahui dari ahli sekaligus menentukan apakah memenuhi standar untuk dapat diminum atau tidak,” ungkapnya.

Jadi, lanjut Subur, BPOM akan melakukan pengujian, karena mereka ahlinya. Dalam tiga hari ke depan, katanya, sudah dapat diketahui hasil.

“Kita harus ikut antri, mengingat bukan hanya dari Polres Merauke saja membawa sampel untuk diuji, tetapi juga dari instansi lain di Provinsi Papua,”  ujarnya.

Loading...
;

Setelah hasil didapatkan, jelas dia, penyidik Polres Merauke langsung melakukan pemeriksaan terhadap petugas BPOM, sekaligus sebagai saksi. Lalu diberkaskan untuk dibawa pulang.

“Untuk dihadirkan di Pengadilan Negeri (PN) Merauke sekaligus didengar keterangannya adalah kewenangan jaksa maupun hakim,” kata Subur.

Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bahara Marpaung, menegaskan pihaknya terus menginstruksikan kepada anggotanya agar terus melakukan operasi penertiban minuman beralkohol terutama sopi.

“Fakta di lapangan, banyak orang membeli sopi dan mengkonsumsi secara bersama-sama. Lalu ketika sudah mabuk, mereka melakukan berbagai tindakan kriminal mulai dari pencurian, penjambretan, dan lain-lain,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa