HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Penyusunan rancangan tata tertib DPR Papua molor

Suasana rapat pimpinan sementara DPR Papua dengan tim penyusun rancangan tata tertib DPR Papua. – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi โ€“ Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR Papua mengubah jadwal pembahasan rancangan tata tertib DPR Papua. Semula 19 anggota tim penyusun rancangan tata tertib itu dijadwalkan mempresentasikan hasil pembahasannya kepada para anggota dewan, Rabu (27/11/2019). Presentasi urung dilakukan karena tim penyusun belum merampungkan tugasnya.

Perubahan jadwal pembahasan rancangan tata tertib DPR Papua itu dinyatakan pimpinan sementara DPR Papua, Jhony Banua Rouw. Rouw menyampaikan perubahan itu usai memimpin rapat dengan tim penyusun rancangan tata tertib DPR Papua, Rabu petang.

Ia mengatakan presentasi hasil penyusunan tatib oleh tim dijadwalkan digelar, Jumat (29/11/2019) pukul 10.00 WP. “Kami harap rancangan tata tertib ini bisa selesai itu. Setelah dipresentasikan kepada semua [anggota] dewan, hasilnya akan kami konsultasikan ke Kementerian Dalam Negeri,” kata Jhony Banua Rouw.

Proses konsultasi rancangan tata tertib Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 2-5 Desember 2019. Setelah kembali, DPR Papua dijawalkan menggelar paripurna penetapan tatib pada 6 Desember 2019. “Tadi dalam rapat kami sepakati dua agenda yakni, paripurna penetapan tata tertib dan pengumuman pimpinan DPR Papua,” ujarnya.

Politikus Partai Nasional Demokrat atau NasDem itu menyatakan perubahan jadwal pembahasan rancangan tata tertib DPR Papua bukan karena dewan lamban bekerja. Perumusan rancangan tata tertib harus mempertimbangkan berbagai aspek, karena nantinya tata tertib DPR Papua menjadi aturan dan rambu lembaga dewan dalam bekerja selam lima tahun ke depan.

Misalnya, hak dan kewajiban anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan periode berikut mesti diakomodir dalam tata tertib DPR Papua. Hal itu untuk memastikan tata tertib DPR Papua tidak perlu diubah lagi selama lima tahun mendatang.

Loading...
;
Baca juga  Tidak diperhatikan, atlet PON mengadu ke DPR Papua

“Kita ingin anggota DPR Papua melalui mekanisme pengangkatan memiliki fraksi sendiri sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2008. Mereka masuk ke DPR Papua darimanapun asalnya, mereka juga punya hak dan kewajiban yang sama dengan anggota DPR Papua lainnya,” ucapnya

Anggota DPR Papua, Emus Gwijangge berharap pembahasan dan penetapan tata tertib, alat kelengkapan dewan, serta pimpinan DPR Papua dapat segera rampung, karena berbagai agenda kerja sudah menanti 55 anggota DPR Papua periode 2019-2024 yang dilantik pada 31 Oktober 2019 lalu. “Salah satu agenda terdekat adalah reses ke daerah pemilihan masing-masing,” kata Emus Gwijangge. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa