HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Perahu Papua star selamatkan 32 ABK KM Remo Wijaya Sakti

Ilustrasi, pixabay.com

KM Remo Wijaya Sakti 02 terombang-ambing dan terdampar di perairan muara Pulau Puriri akibat dihantam gelombang besar sejak Sabtu malam hingga Senin dini hari.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Timika, Jubi– Awak perahu cepat Papua Star berhasil menyelamatkan 32 Anak Buah Kapal KM Remo Wijaya Sakti 02 yang terdampar di perairan muara Pulau Puriri, Distrik Mimika Timur Jauh pada Senin, (10/2/2020) dini hari. KM Remo Wijaya Sakti 02 terombang-ambing dan terdampar di perairan muara Pulau Puriri akibat dihantam gelombang besar sejak Sabtu malam hingga Senin dini hari.

“Saat itu perahu kami sedang dalam perjalanan kembali ke Pelabuhan Kampung Amamapare,” kata Semy Warinussy, pemilik perahu cepat Papua Star di Timika, Senin, (10/2/2020).

Baca juga : Kapal tenggelam di Nias Selatan hilangkan empat awak

Gelombang tinggi hambat evakuasi korban kapal tenggelam

Pencarian korban kapal tenggelam di danau Toba diminta diperpanjang

Loading...
;

Menurut Semy, awalnya ia mengantar petugas Keuskupan Timika ke beberapa kampung pesisir. Namun, di tengah perjalanan, mereka memutuskan kembali ke Pelabuhan Amamapare lantaran gelombang sangat tinggi sekitar tiga hingga empat meter.

“Saya memutuskan mengantar para pelayan Keuskupan Timika ke Pelabuhan Kampung Amamapare lalu mengambil speet boat Papua Star 105 yang ukurannya lebih kecil agar bisa memudahkan membantu evakuasi para ABK KM Remo Wijaya Sakti 02,”  kata Semy menjelaskan.

Saat itu kondisi KM Remo Wijaya Sakti 02 sudah nyaris tenggelam. Puluhan ABK yang seluruhnya berjumlah 43 orang berada di anjungan kapal. Satu per satu para ABK dievakuasi ke kapal nelayan yang lebih kecil dan sebagian lagi dievakuasi ke perahu cepat Papua Star 105 milik Semy.

Ia menolong 32 ABK untuk naik ke Papua Star 105, sementara sisanya naik ke kapal nelayan lokal yang kebetulan lewat di lokasi. “Kondisi gelombang saat itu sangat tinggi. Bersyukur semua ABK bisa diselamatkan dan selanjutnya diserahkan ke Polairud di PPI Pomako,” katanya.

Proses evakuasi para ABK KM Remo Wijaya Sakti 02 di perairan Pulau Puriri tersebut sempat viral di media sosial di Kota Timika. Papua Star sendiri memiliki beberapa perahu cepat, merupakan salah satu agen ekspedisi transportasi laut dan sungai di Kabupaten Mimika. (*)

Editor : Edi Faisol

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa