Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Perajin Papua diharap punya ide kreatif

Salah satu Dosen ISBI Papua Jurusan Kriya, Markus Krey. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Papua berharap, para perajin Papua harus bisa bersaing dan bertahan di dunia bisnis, dan memiliki ide kreatif dalam setiap karya atau produk yang dihasilkan.

Markus Krey, dosen ISBI Papua mengatakan, ide kreatif itu datang dari siapa saja asal memiliki keterampilan, ketekunan, dan dilatih secara terus-menerus, maka hasil kerajinan tangan dari para perajin Papua dapat bersaing di pasar.

“Dalam seni ada ketentuan khusus menilai produk bagus atau tidak. Ada unsur estetikanya atau tidak, ada ekonomisnya ka tidak. Kebanyakan perajin tidak memperhatikan unsur itu,” ujar Krey, di Jayapura, Rabu (6/11/19).

Krey menjelaskan, hasil atau finishing suatu kerajinan tangan yang dikerjakan sangat berpengaruh terhadap penjualan. Misalnya lukisan yang dikerjakan harus memiliki kesan yang menarik dan unik, sehingga menjadi daya tarik konsumen agar membeli produk yang dikerjakan.

“Desain produk harus dimantapkan lagi sesuai dengan kebutuhan usaha,” jelasnya.

Krey berharap agar Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM), dapat mendampingi para perajin lebih giat lagi.

Loading...
;

“Supaya itu juga menjadi tolak ukur, sanggar mana yang sudah dilatih untuk mencapai taget. Apakah meningkat atau tidak. Sanggar seni tidak banyak, kalau didata dan diberikan pelatihan akan lebih bagus lagi. Dilengkapi peralatannya agar produknya lebih baik lagi,” jelasnya.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi, menuturkan sebanyak 800 perajin atau UMKM bidang kerajinan tangan yang sudah diberikan pendampingan.

Pendampingan itu berupa pelatihan keterampilan membuat noken, anyaman piring lidi, pemanfaatan tempurung kelapa, pengolahan sagu, dan pengelolaan usaha melalui pembukuan.

“Kami berharap dengan pendampingan yang kami berikan perajin-perajin di Kota Jayapura ini dapat meningkatkan usahanya, sehingga mandiri dan mampu bersaing dengan perajin di luar Papua,” jelasnya. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top