TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Peralatan biliar PON XX Papua telah terpasang di arena

Arena PON XX Papua
Pemeriksaan peralatan cabang olahraga biliar PON XX Papua di Timika. - IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional atau PB PON XX Papua memastikan semua peralatan cabang olahraga biliar sudah terpasang di venue yang berada di Kabupaten Mimika, Papua. Meja biliar yang didatangkan dari luar negeri tersebut juga telah diperiksa Tim Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan dan Komisi Pemeriksa Independen PB PON XX Papua pada Selasa (27/7/2021).

Delegasi Tenis Cabang Olahraga Biliar PON XX Papua, Robby Suarly mengatakan meja biliar yang akan digunakan dalam PON adalah meja pertandingan biliar kelas dunia. Robby menyatakan untuk pertama kalinya cabang olahraga biliar PON menggunakan meja biliar berstandar kejuaraan dunia.

Robby mengatakan, ada tiga jenis meja berbeda yang digunakan untuk nomor pertandingan yang berbeda. Pertama, meja Pool Wiraka Dynasty untuk nomor pertandingan 2 Pool. Meja biliar jenis itu telah menjadi meja resmi dalam kejuaraan dunia nomor Nine-Ball.

Baca juga: Tak dapat lawan tanding, tim karate PON Papua akan tinggalkan Bali

Kedua, meja snooker Wiraka M.1, yang digunakan untuk nomor pertandingan 2 Snooker dan English Billiard. Meja yang digunakan dalam PON adalah meja resmi kejuaraan Asian Confederation of Billiard Sports dan International Billiards & Snooker Federation. Ketiga, meja carom Hollywood Pro Am – V  buatan Korea Selatan.

“Kami mengapresiasi PB PON XX Papua dan Pemerintah Provinsi Papua karena bisa menghadirkan meja berkelas dunia pada PON XX Papua. Mejanya berkualitas dunia, bahkan untuk pertama kalinya pertandingan dilakukan di gedung khusus untuk olahraga biliar,” kata Robby, sebagaimana dikutip dari keterangan pers tertulisnya.

Baca juga: Disorda Papua telah rampungkan pembangunan 12 venue PON Papua

Robby berharap fasilitas biliar itu nantinya akan melahir atlet biliar berkualitas. “Ketika sarana peralatan dan perlengkapan sudah berstandar kejuaraan Asia dan dunia, diharapkan dapat melahirkan prestasi Asia dan dunia,” tandasnya.

Sekretaris Umum Sub PB PON Mimika, Cesar A Tunya menyatakan pemasangan peralatan biliar itu telah disetujui Ketua Umum Sub PB PON Mimika, bapak Bupati Eltinus Omaleng. “Sub PB PON Mimika sudah memberikan izin kepada PB PON XX Papua untuk memasukan semua peralatan ke venue. Pekan depan, peralatan pertandingan basket juga akan tiba di Mimika,” jelasnya.

Cesar menyatakan pemasangan meja biliar di venue itu didampingi Delegasi Teknis Cabang Olahraga Biliar PON XX Papua tim Sub PB PON Mimika. “Untuk peralatan biliar sudah selesai, kami bersama pemeriksa PB PON juga sudah melakukan pemeriksaan secara bersama-sama,” pungkasnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us