Follow our news chanel

Previous
Next

Perangi plastik, warga desa di Filipina tukar sampah dengan beras

Sampah plastik, pixabay.com
Perangi plastik, warga desa di Filipina tukar sampah dengan beras 1 i Papua
Sampah plastik, pixabay.com

Dapat satu kilogram  atau 2,2 liter beras, untuk setiap dua kilogram sampah plastik

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manila, Jubi – Satu desa di Filipina berusaha menangani momok limbah plastik dengan menawarkan beras kepada warga untuk ditukar dengan sampah. Langkah itu dilakukan oleh warga Bayanan di luar Ibu Kota Filipina, Manila, yang dapat memperoleh satu kilogram  atau 2,2 liter beras, untuk setiap dua kilogram sampah plastik, yang diserahkan kepada pemerintah untuk dibuang secara layak atau didaur-ulang.

Tercatat Filipina termasuk di antara pencemar plastik utama di dunia saat  berbagai studi menunjukkan dengan penerapan hukum mengenai limbah padat sangat buruk.

“Saya menimbang 14 kilo sampah, jadi saya memperoleh tujuh kilogram beras. Ini sangat membantu buat kami untuk memperoleh satu kilogram beras untuk hari ini,” kata Veronica Dolorico 49 tahun, seoarang  pendukung program itu.

Baca juga : Samoa melawan penumpukan sampah plastik

Mulai Juli mendatang Tanzania larang pemakaian plastik

Loading...
;

Veronica mengakui lingkungan hidup di kawasan tempat ia tinggal benar-benar kotor. “Jika saja saya bisa, saya akan mengambil semua plastik di sepanjang jalan ketika saya berjalan di luar,”  kata Veronica menambahkan.

Satu kilogram beras berharga 30 hingga 40 peso Filipina  atau sekitar 0,70 dolar AS, dinilai sangat mahal di negara dengan pertumbuhan ekonomi-cepat. Kondisi itu tak imbang dengan angka tinggi kemiskinan warga desa dan kota.

Tercatat seperlima dari 107 juta warga di negara tersebut hidup di bawah garis kemiskinan nasional, dengan konsumsi per bulan kurang dari 241 dolar AS per orang. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top