Perayaan 2 hari Vanuatu jadi negara berkembang, hiburan dan sosialisasi

Anggota-anggota komite LDC Graduation National Coordinating Committee saat konferensi pers awal pekan ini. - DVU/ Heather Maraki

Papua No.1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Dewan Menteri Vanuatu (Council of Ministers/ COM) telah menyetujui anggaran seberan VT 37 juta untuk perayaan nasional selama 2 hari karena Vanuatu resmi lulus dari daftar Least Developed Country (LDC) ke status negara berkembang.

Perayaan itu akan berlangsung di Port Vila, Luganville, dan di seluruh pusat-pusat provinsi pada 3 dan 4 Desember.

Koordinator Acara Nasional, Fred Samuel, membenarkan hal itu dalam konferensi pers Selasa kemarin (24/11/2020). Ia menerangkan bahwa VT 1 juta masing-masing akan didistribusikan ke enam provinsi. Provinsi SANMA dan Luganville masing-masing juga akan menerima VT 1 juta. Sebagian besar dana akan digunakan di Port Vila.

Mengakui 4 Desember sebagai tanggal yang dikhususkan untuk momen penting ini, COM juga mengesahkan tanggal tersebut sebagai hari libur nasional. Sebuah rekomendasi telah diajukan kepada Perdana Menteri dan prosedur hukum akan diikuti sebelum ada deklarasi resmi dari Kepala Negara.

Mitra-mitra pembangunan Vanuatu juga menegaskan kembali dukungan mereka terhadap perayaan dua hari tersebut.

Serangkaian kegiatan yang akan menjadi sorotan selama acara dua hari di Port Vila itu termasuk sejumlah Talkback Shows, diskusi panel tentang topik seputar LDC dan apa artinya kelulusan Vanuatu dari kategori LDC.

Loading...
;

Juga akan ada hiburan budaya dari suku-suku di Vanuatu and kelompok komunitas Pasifik lainnya, kompetisi olahraga, dan lalu lebih banyak hiburan dari band musik populer serta pertunjukan kembang api untuk mengakhiri perayaan itu.

Berkomentar sebagai mantan Koordinator Nasional Yumi 40, Samuel menegaskan bahwa acara ini mungkin merupakan pencapaian terbesar Vanuatu dan patut dirayakan.

“Ini adalah tahun yang sangat penting, kita telah dewasa sebagai bangsa,” ujarnya.

“PBB telah mengakui kita dan perjuangan kita untuk mendapatkan kemerdekaan politik pada tahun 1980. Banyak orang yang telah bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan itu. PBB juga telah mengakui itu.

“Selang perayaan ini, kita tidak hanya merayakan, tetapi banyak sosialisasi yang harus dilakukan.”

Komite itu juga telah memberikan penjelasan untuk mengklarifikasikan sejumlah pertanyaan, salah satunya adalah mengapa Vanuatu lulus.

“Suatu negara dapat lulus dari kategori LDC setelah memenuhi dua dari tiga kriteria dalam dua pertemuan tiga tahunan berturut-turut UN Committee for Development Policy (CDP),” menurut penjelasan anggota Komite itu.

“Sejak 1991, Vanuatu selalu memenuhi kriteria kelulusan LDC dalam hal pendapatan per kapita, dan pada 2012, memenuhi persyaratan kedua di bawah kriteria ‘income only’.” (Daily Post Vanuatu)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top