Follow our news chanel

Perbaikan jalan alternatif di Kantor Wali Kota Jayapura molor, baru rampung 50 persen

Jalan alternatif di Kantor Wali Kota yang sedang dikerjakan - Jubi/Ramah
Perbaikan jalan alternatif di Kantor Wali Kota Jayapura molor, baru rampung 50 persen 1 i Papua
Jalan alternatif di Kantor Wali Kota yang sedang dikerjakan – Jubi/Ramah.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Jalan alternatif di samping kantor Wali Kota Jayapura, yang terdampak longsor akibat hujan deras pada Minggu (6/1/19) sudah dikerjakan sejak 15 Januari 2019 dan progresnya telah mencapai 50 persen,.

“Pengerjaan jalan ini menggunakan dana patungan dari APBD Pemerintah Kota Jayapura dan pemerintah pusat,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Bernard J. Lamia di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (24/5/19).

Dijelaskan Bernard, konstruksi jalan tersebut menggunakan tiang pancang ukuran 15×15 meter sebanyak 42 dengan kedalaman dua meter, dan bronjong setinggi tujuh meter yang menggunakan batu kali, agar memperkuatnya.

Jalan alternatif yang belum bisa dilalui itu sepanjang 35 meter yang terdampak longsor, dan masih bertambah lagi panjangnya karena harus dilakukan pengerukan pada sisa jalan yang retak.

Dijelaskan Bernard, target penyelesaian pada April 2019 haru molor karena upaya yang sedang dilakukan saat ini dengan memindahkan saluran air di bawah jalan karena dianggap bisa mengganggu selama proses pengerjaan.

“Kami upayakan secepatnya agar bisa dilalui. Anggaran sementara dalam perbaikan jalan tersebut membutuhkan dana APBD Rp900 juta, kami juga usulkan dana ke pemerintah pusat senilai Rp2 miliar tapi sampai sekarang dana pusat belum cair,” jelas Bernard.

Loading...
;

Bernard menambahkan, selama proses pengerjaannya, warga diminta bersabar dan tidak mendekati lokasi karena dikhawatirkan masih ada jalan yang retak.

Seorang warga bernama Matias mengaku, memberikan apresiasi kepada pemerintah Kota Jayapura karena bergerak cepat menangani jalan yang longsor tersebut.

“Jalan alternatif ini sangat penting karena memperpendek jarak tempuh dari rumah ke tempat kerja saya karena bebas macet,” ujar Matias.

Senada dengan hal itu, Tina warga lainnya mengaku, akibat jalan alternatif yang longsor, baik mobil, sepeda motor dan pejalan kaki tidak bisa melewatinya

“Saya harapkan cepat selesai karena jalan ini sangat penting. Warga biasanya lewat di jalan alternatif ini, apalagi yang biasa kerja di kantor Wali Kota Jayapura,” jelas Tina. (*)

Editor      : Edho Sinaga

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top